Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fortuner Lepas dari Kejaran Pajero Sport

Kompas.com - 15/09/2016, 08:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasuki bulan ke delapan tahun ini semakin kelihatan jelas laju Toyota Fortuner di segmen sport utility vehicle (SUV) medium sulit terbendung. Satu-satunya kontestan yang berpeluang menahan serangan itu, Mitsubishi Pajero Sport, tidak kuat lagi mengejar.

Menurut catatan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), selama Januari – Agustus Fortuner sudah menyentuh angka 18.555 unit. Sedangkan Pajero Sport baru 12.803 unit.

Febri Ardani/KompasOtomotif Mitsubishi All-New Pajero Sport dengan paket aksesori resmi.
Selama lima bulan ke belakang Fortuner konsisten berada di atas penjualan 2.000 unit per bulan, sementara Pajero Sport tidak pernah sekalipun menyentuh angka itu sejak April. Tercatat hanya dua bulan Pajero Sport pernah mengungguli Fortuner yakni pada Februari dan Maret.

Positifnya, penjualan masing-masing kedua model itu melonjak lebih dari dua kali lipat dibanding tahun lalu. Ini tandanya, pengembangan generasi terbaru pada keduanya diterima masyarakat.

Senyum  bisa jadi hanya ada di bibir Toyota dan Mitsubishi. Sejak duel panas start dari Januari, semua model lain terendam kecuali Mazda CX-5 yang relatif stabil.

Honda mendapat penjualan 5.650 unit CRV turun dari periode sama tahun lalu 7.460 unit. Nissan X-Trail yang terekam mengalami kerugian paling parah, yakni drop menjadi 2.169 unit dibanding 7.098 unit pada tahun lalu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com