Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Sienta Sejajarkan Diri dengan Innova

Kompas.com - 14/09/2016, 14:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota Sienta langsung melejit sebagai salah satu MPV laris di kelasnya. Bahkan, secara penjualan bulanan, mobil keluarga dengan pintu geser ini mulai sejajar dengan Innova.

Dilihat dari data penjualan wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Sienta masuk di segmen MPV bersama Toyota Innova, Nissan Grand Livina, Isuzu Panther, Proton Exora, dan Honda Freed.

Catatan Agustus 2016 lalu, Sienta terjual 4.920 unit, atau naik 63 persen dari Juli 2016 di angka 3.007 unit. Sienta resmi dikirim ke pasar memang seak Juli, meski peluncuran di depan publik dilakukan Apil lalu di ajang IIMS 2016.

Raihan bulan lalu itu hampir setara dengan pencapaian Innova di angka 4.963 unit. Jika memang bukan euforia dan penjualan Sienta stabil, mobil ini bisa dikatakan sejajar dengan Innova sebagai salah satu MPV laris.

Sienta pun berjalan tanpa pesaing sejak Honda memutuskan tak lagi menjual Freed. Sayang, sebenarnya secara model dan dimensi, hanya Freed-lah yang mampu menyaingi Sienta. PT Honda Prospect Motor pun sudah tiga bulan terakhir tak menjual Freed.

Pesaing lain? Jauh. Nissan Grand Livina misalnya, seakan menjadi model yang hidup segan mati pun tak mau. Per bulan mobil ini tersisa 500-an unit. Begitu juga Panther yang stabil di kisaran 100 unit per bulan. Proton Exora pun sudah dua bulan terakhir tanpa penjualan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com