Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penantang Serius Honda Civic Turbo dari Nissan

Kompas.com - 14/09/2016, 07:21 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Miami, KompasOtomotif – ”Virus” mesin berkapasitas kecil plus turbo sedang menjangkiti banyak produsen. Nissan salah satunya, mulai ”demam” dan siap meluncurkan  Sentra SR Turbo di Miami, Amerika Serikat, di salah satu pameran otomotif.

Sentra SR Turbo akan menjadi varian baru Sentra di sana. Jika dilihat dari spesifikasi mesin dan dimensinya, mobil ini bisa dikatakan sebagai pesaing serius Honda Civic Turbo yang sudah melakukan debut dan sukses di beberapa negara.

Sebelumnya, sedan medium Nissan ini dibekali mesin naturally-aspirated 1.800 cc berkode MRA8DE. Tenaga yang bisa dihasilkan dari jantung pacu ini mencapai 130 tk dan torsi 174 Nm. Mesin berkolaborasi dengan girboks Xtronic CVT.

paultan.org NIssan Sentra SR Turbo untuk orang yang suka paket tradisional dengan tenaga ekstra.
Kini, Nissan menggunakan mesin 1.600 cc turbo yang sanggup memuntahkan tenaga 188 tk dan torsi 240 Nm. Kenaikan tenaga yang sangat dahsyat mengingat kapasitas silindernya cuma turun 200 cc.

Di atas kertas, angka itu sudah cukup untuk menenggelamkan Civic Turbo dengan mesin 1.500 cc VTEC Turbo DOHC bertenaga 170 tk dan torsi 220 Nm.

Nissan akan menggunakan Sentra SR Turbo sebagai suntikan darah baru, mengingat Sentra sudah menjadi mobil terlaris ketiga di Amerika Serikat.

paultan.org Interior Nisan Sentra SR Turbo. Cukup Sporty.
”Sentra SR Turbo didesain untuk orang yang menginginkan atribut tradisional dari sedan compact, namun menginginkan performa serius dari mesin turbo. Ini menajdi paket lengkap untuk para penggemar,” kata Michael Bunce, VP Product Planning Nissan North America, dikutip Paultan (13/9/2016).

Peranti standar termasuk kaca pada atap (sunroof). Teknologi canggih yang dibenamkan termasuk fitur Blind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert. Jok kulit dan paket audio dari Bose juga siap memanjakan telinga penumpang.

Mobil ini juga sudah mengemban lampu utama LED, side skirt, spoiler belakang dan lampu stop yang juga sudah pakai teknologi LED. Pelek 17 inci yang sporty, dipadukan dengan kaca spion dengan lampu dan pemanas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com