Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasaki Vulcan S ”Blasteran” dengan NOS

Kompas.com - 13/09/2016, 19:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

Leonberg, KompasOtomotif – Banyak modifikasian Kawasaki Vulcan S, yang rata-rata menyodorkan konsep cruiser ekstrem. Tapi untuk yang satu ini lain. Tampangnya justru ”berlagak” kencang berkat berbagai ubahan khas café racer.

Supaya menunjukkan jika motor ini sudah meninggalkan nyawa cruiser dan memasukkan ruh café racer, terpasang tabung NOS di sebelah kanan motor untuk melipatkgandakan akselerasi. Jadinya cukup unik, berkarakter dan siap tempur.

Warm Up Motorcycles di Jerman mengerjakan desain dan sasis, sementara oprekan mesin dikerjakan oleh bengkel Holy. Karena sudah lahir kembali, Vulcan S modifikasi ini diberi nama The Underdog, yang diartikan sebagai motor yang sering diacuhkan, namun memiliki potensi unjuk gigi.

The Underdog siap pamer di Essenza Sprint Challenge di Glemseck 101 festival, Leonberg, Jerman. Nah, akhirnya diketahui bahwa ini bukan sekadar ganti aksesori. Motor dengan ground clearance rendah itu siap adu cepat dengan motor-motor lain.

morebikes.co.uk Terdapat tabung NOS pada sisi kanan.
Ubahan
Mesin orisinal 649 cc yang cuma bertenaga 61,8 tk, dipompa menjadi 152,6 tk berkat berbagai ubahan plus asupan gas nitrous oxide (NOS). Menariknya, seperti kebanyakan sepeda motor drag pada umumnya, bobot dipangkas menjadi 185 kg.

Penggantian sektor mesin ada pada DOHC valve timing, sistem injeksi bahan bakar, girboks, hingga rasio gigi. Sebagai pendukung, suspensi juga ikut diubah menggunakan Ohlins beserta peranti rem yang makin kuat. Ban depan kini berukuran 120/70-17, dan belakang 180/55-17.

Dari tampang, lampu depan pun diberi semacam tameng yang membuatnya mirip motor balap. Buritan dibuat seperti buntut lebah, khas café racer. Nuansa warna hijau khas Kawasaki terasa dominan di beberapa bagian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber morebikes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com