Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Baca ini Sebelum Pinjam Mobil

Kompas.com - 12/09/2016, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Orang bilang kalau tak kenal maka tak sayang. Makanya kalau pinjam atau sewa mobil lebih baik tanya dulu hal-hal yang berkaitan dengan pengoperasian sebelum semuanya terlambat.

Misalnya, mobil meneguk bahan bakar apa, di mana posisi tuas rem parkir, bagaimana mengunci pintu, cara membuka bagasi, ada ban cadangan atau tidak, dan fungsi tombol-tombol. Masing-masing merek, baik dari Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat, punya detail berbeda. Pertanyaan seperti itu terkadang disepelekan namun kalau informasinya tidak didapat pengemudi bisa jadi teledor.

Salah satu yang paling fatal yakni salah mengisi bahan bakar. Sangat berbahaya buat mesin kalau mobil diesel dituang bahan bakar minyak (BBM) bensin ataupun sebaliknya.

Mobil diesel dan bensin punya sistem pembakaran berbeda itu sebabnya butuh suplai BBM khusus. Dijelaskan Arifani Prabowo General Manager Product Development Kia Mobil Indonesia, kandungan BBM bensin dan solar berbeda.

Titik nyalanya juga lain, Bensin lebih rendah ketimbang BBM diesel misalnya solar.  Keliru isi BBM bisa menyebabkan perbaikan besar alias turun mesin.

Setyo Adi/Otomania Perawatan berkala pada tangki bahan bakar kendaraan perlu dilakukan untuk menjamin kualitas bahan bakar yang disediakan untuk mesin
Tahap pertama penanganan mobil salah isi BBM, jangan menyalakan mesin agar tidak ada suplai ke sistem pembakaran. Segera matikan mesin jika sudah terlanjur biar tidak terlalu banyak BBM yang salah masuk ke mesin.

Tidak ada cara selain memanggil mekanik untuk memeriksa. Menguras tangki bahan bakar biasanya direkomendasikan buat membersihkan BBM yang salah. Pembersihan selang, injektor, dan bagian internal mesin lainnya mesti juga dilakukan jika BBM salah kadung mengalir.

“Kalau sudah terbakar, karena pembakarannya engga sempurna jadi kerak. Bisa-bisa turun mesin, butuh skir klep segala macam. Biasakan sebelum isi bahan bakar lihat di tutup tangki ada penjelasannya mobil butuh apa, ya kita ikut saja,” jelas Arifani, Kamis (8/9/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com