Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Langkah Krusial Saat Beli Mobil Baru

Kompas.com - 09/09/2016, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pernah menyesal ketika merasa salah memilih mobil baru yang dibeli? Jika itu sempat terjadi, mungkin saja ada beberapa hal yang luput dari pertimbangan, yang biasanya karena faktor terburu nafsu.

Padahal, dibanding mobil bekas, membeli mobil baru tidak begitu memakan proses yang lama, seperti contohnya tidak perlu mengecek kondisi mesin, surat-surat kendaraan atau rekam jejak servis.

Didi Ahadi, Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) coba bertukar pikiran dengan KompasOtomotif, terkait langkah-langkah yang dianggap tepat, saat akan membeli mobil baru. Ini dirasa penting, agar kata “menyesal” tidak muncul lagi ketika sadar telah salah pilih mobil.

Pertama, pilih kendaraan sesuai dengan model atau desainnya, apakah sesuai selera atau tidak. Ini bukan berarti melawan konsep “don't judge a book by its cover” (jangan nilai buku hanya dari covernya saja), karena memang bagaimanapun kesan pertama pasti datang dari lapisan luar, sebelum masuk pada penilaian selanjutnya.

Kedua, mulai pertimbangkan model mobil sesuai nilai fungsinya, apakah itu multi purpose vehicle (MPV), sedan, sport utility vehicle (SUV) atau citycar, jika memang difungsikan untuk berkendara di dalam kota.

Ketiga, pertimbangkan kapasitas mesin dan transmisi, entah itu karena kebutuhan medan jalan atau untuk efisiensi bahan bakar.

Keempat, sesuaikan harga mobil dengan kemampuan daya beli, bisa itu tunai atau kredit. Jika kredit yang dipilih, pertimbangkan berapa lama jangka waktu pembayaran yang paling memungkinkan.

Kelima, sebisa mungkin untuk melakukan pengetesan mobil atau test drive. Ini dilakukan untuk meyakinkan konsumen bahwa kendaraan itu sesuai dengan ekspektasi pembeli. Jangan juga lupa untuk menilai ke-ergonomis-an kabin mobil.

Semoga berhasil!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com