Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Hyundai i30 Terlihat Kalem

Kompas.com - 09/09/2016, 08:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Frankfurt, KompasOtomotif – Hyundai i30 generasi ketiga diluncurkan di kantor pusatnya, Frankfurt, Jerman, menjelang pengenalan ke publik yang akan dilakukan di Paris Motor Show 2016. Spesifikasi dan harga belum diumumkan, namun banyak yang berharap harganya mulai dari 15.500 poundsterling atau Rp 268,8 jutaan.

Dilaporkan Auto Express, Kamis (8/9/2016) Hyundai ingin meningkatkan daya tarilk pasar massal melalui mobil hatchback keluarga, dengan model yang lebih high-tech. Hyundai New i30 sendiri merupakan rival dari Ford Focus dan VW Golf.

Produk terbaru ini, memiliki ubahan desain yang cukup mainstream, ini dianggap tepat jika Hyundai ingin menarik pasar yang lebih luas. “Untuk membuat mobil yang bisa diterima semua orang, kami harus fokus pada berbagai macam konsumen yang berbeda. Desain terbaru ini tampak rapi namun memang konservatif. Desain i30 masa lalu, juga hanya sedikit tersisa,” ucap Peter Schreyer, Kepala Desain Hyundai.

Model baru ini punya ukuran panjang 4.340 mm, lebih panjang dibanding sebelumnya, namun dengan wheelbase yang sama 2.650 mm. Kapasitas bagasi 395 liter atau sekitar 15 liter lebih besar dari VW Golf ini, jika kursi belakang dilipat, bisa mencapai 1.301 liter.

Hyundai i30 memiliki beberapa pilihan mesin bensin dan mesin diesel. Mulai dari mesin bensin empat silinder 1.4L yang ditawarkan hanya dengan transmisi manual 6-percepatan. Selanjutnya, 1.0L mesin bensn tiga silinder turbo bertransmisi manual. Kemudian ada juga mesin bensin 1.4L empat silinder turbo dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis 7-percepatan dual clutch.

Khusus untuk mesin diesel 1.6L empat silinder, memiliki tiga varian yang dibedakan dari power yang dikeluarkan mesin. Mesin bertenaga dengan tenaga 94bhp dan torsi 280Nm hanya bertransmisi manual, begitupun dengan mesin yang tenaganya 109bhp dengan torsi 280Nm (manual). Lalu pilihan ketiga ada mesin 1.6L yang memiliki power 134bhp, dengan dua pilihan transmisi, manual dan matik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com