Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MV Agusta Akhirnya Selamat dari Kebangkrutan

Kompas.com - 09/09/2016, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Varese, KompasOtomotif — Kondisi finansial produsen sepeda motor premium asal Italia, MV Agusta, diklaim sudah kembali ada di jalur yang baik. Kabar ini disampaikan langsung oleh Giovanni Castiglioni, Chief Executive Officer MV Agusta sekaligus pemilik perusahaan itu, kepada MCN, Kamis (8/9/2016).

Sebelumnya, tepatnya Maret 2016, MV Agusta dipaksa untuk melakukan restrukturisasi demi mengatasi utang-utang. Namun, saat ini, Castiglioni mengatakan, masalah keuangan sudah selesai dan pabriknya yang ada di Varese, sebelah utara Italia, telah beroperasi penuh.

Kembali ke Maret 2016, Castiglioni pernah menyampaikan kalau MV Agusta harus menjadi perusahaan yang lebih kecil, dengan biaya yang lebih rendah, dan fokus pada segmen pasar high-end. Tujuannya tentu untuk bertahan hidup. Dalam enam bulan, upaya Bos MV Agusta tersebut akhirnya membuahkan hasil.

"Kami masih bekerja menyelesaikan tahap akhir dari restrukturisasi perusahaan. Kami berusaha menjadi perusahaan lebih kecil, dan fokus pada pasar inti kami, seperti model Brutale, sepeda motor mesin tiga silinder dan sepeda motor seperti Dragster ini, yang dalam hal ini saya menjualnya dengan sangat baik,” ucap Castiglioni.

Castiglioni menambahkan, dirinya masih terus melakukan komunikasi dengan investor baru, dan tetap berkoordinasi dengan investor yang sudah ada. Namun, yang pasti, kerja kami untuk menghasilkan uang terus berjalan. Dirinya juga mengatakan, saat ini MV Agusta sudah memiliki arus kas sehat.

"Sampai saat ini kemungkinan tidak ada investasi tambahan. Ini masih akan didiskusikan sampai akhir Oktober, ketika kami harus menyerahkan rencana investasi masa depan,” ucap Castiglioni.

Sama seperti produsen lain, MV Agusta diwajibkan untuk membuat produk yang memenuhi standar emisi Euro IV. Ini berarti hampir semua produk MV saat ini perlu diperbarui untuk memenuhi aturan tersebut. Selain itu, terkait aturan baru yang ditelurkan pada awal 2016, sepeda motor baru di atas 125 cc harus dilengkapi dengan ABS secara standar.

"Pastinya tidak ada model MV Agusta yang akan dibunuh karena Euro IV. Lebih dari itu, semua produk baru akan dirilis akhir tahun ini, dan akan masuk ke deretan model baru pada 2017, dan nantikan beberapa kejutan lainnya dari kami," kata Castiglioni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com