Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Generasi Terbaru Toyota Supra Mulai Unjuk Gigi

Kompas.com - 08/09/2016, 14:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Setelah 14 tahun lamanya, akhirnya Toyota menghidupkan kembali legenda mobil sportnya, Supra. Setelah informasi yang beredar sekedar spekulasi, kini semuanya nyata, saat versi produksi dari generasi keempat Supra terpergok sedang diuji di jalan umum.

Pengembangan mobil sport ini, kabarnya dilakukan bersama dengan BMW Group di mana mereka juga akan melahirkan penerus BMW Z4, yang disebut Z5. Kedua model tersebut diproduksi pabrik Magna Steyr AG di Graz, Austria, mulai 2018.

Magna Steyr adalah unit bisnis pemanufaktur dari perusahaan penyuplai otomotif asal Kanada, Magna International. Tugas utamanya memproduksi mobil yang bervolume rendah, itulah yang membuatnya cocok untuk lokasi kelahiran mobil sport hasil kerja sama BMW dan Toyota.

Carscoops.com Toyota Supra generasi terbaru terpergok kamera sedang diuji di jalan.

Bentuk  Supra baru, yang berhasil ditangkap kamera sangat berbeda dengan Z5 yang juga pernah dipergoki saat diuji. Bukan hanya berbeda bentuk, tapi juga gaya desain, seperti dikutip Carscoops, Kamis (8/9/2016).

Lebih dari itu, dari tampilan tubuhnya, Supra generasi keempat ini juga lebih mirip dengan Toyota 86, dibanding dengan mobil FT-1 Concept tahun 2014. Model sport Toyota akan menggendong mesin hybrid, dan belum diinformasikan secara resmi detail spesifikasinya.

Namun, dari informasi yang beredar, mesin hibrida pada Supra terbaru, kemungkinan besar akan memiliki banyak kesamaan dengan mobil Toyota yang berlaga di Le Mans, TS050 Hibrida. Generasi terbaru ini akan menggunakan motor listrik untuk roda depan, dan juga memilki poros sumbu belakang (rear axle). Jadi ketika menggunakan mesin bensin, mobil ini akan berpenggerak belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com