Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siasat Cerdik Rancangan Kabin Sigra

Kompas.com - 07/09/2016, 15:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sigra merupakan salah satu bukti tambahan skill tinggi Daihatsu menciptakan produk ringkas. Pembuktiannya bisa dilihat dari desain interior yang dikemas sedemikian cerdik buat mengakomodasi ekspektasi konsumen MPV 7-penumpang.

Ukuran Sigra lebih kecil dari Xenia, namun menawarkan kenyamanan yang kira-kira sama. Poin pentingnya, kabin dibuat lega sebab semua ornamennya menyesuaikan.

Setyo Adi/KompasOtomotif Astra Daihatsu Sigra,
Tuas transmisi diletakan menempel pada dasbor bukan di antara jok pengemudi dan penumpang depan seperti mobil Daihatsu lainnya. Penempatan ini memberikan rasa lega pada ruang baris pertama.

Sebagai gantinya, di tengah jok depan terdapat sandaran tangan. Bentuk tuas rem parkir juga menyesuaikan agar tidak mengambil kelegaan ruang.

Setyo Adi/KompasOtomotif Desain tuas transmisi Daihatsu Sigra.

Kebiasaan orang Indonesia membawa banyak barang-barang saat berkendara. Daihatsu menjawab dengan mendesain Sigra memiliki banyak ruang penyimpanan tambahan, yaitu pada pintu yang muat dua botol minuman, di samping instrument cluster, dan di bawah panel tuas transmisi.

Setyo Adi/KompasOtomotif Air circulator pada Daihatsu Sigra.
Siasat pintar lain, Daihatsu merancang sistem aliran AC ke kabin belakang menggunakan air cilcurator. Alternatif double blower ini belum pernah ada pada mobil manapun di dunia.

Fungsi fitur baru ini mengalirkan udara dingin dari ventilasi AC di kabin depan ke ruang penumpang belakang. Salah satu keunggulannya, bentuknya tidak terlalu memangkas ruang kepala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com