Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenson Button Mundur Jadi Pebalap McLaren

Kompas.com - 05/09/2016, 14:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Monza, KompasOtomotif – Pebalap McLaren-Honda Jenson Button mengungkap setelah kualifikasi GP Italia akhir pekan lalu tidak akan duduk di bangku pebalap musim depan. Pebalap paling berpengalaman di Formula One (F1) setelah Rubens Barrichello dan Michael Schumacher ini mendapat peran baru sebagai bagian dari pengembangan McLaren.

Posisi Button digantikan oleh Stoffel Vandoorne yang mendampingi Fernando Alonso. Menurut McLaren, musim depan akan menggunakan skema “tiga pebalap”, artinya Button bisa saja membalap lagi kalau dibutuhkan.

Debut Button di F1 terjadi pada 2000 bersama Williams, dia gabung dengan McLaren pada 2010 setahun sejak juara dunia bersama Brawn. Sepanjang karir Button pernah membalap bersama Williams, Renault, Benetton, BAR, Honda, Brawn, dan McLaren.

Total sebagai starter sebanyak 297 grand prix, 14 kali menang, dan 50 kali naik podium. Di McLaren Button 128 kali balapan, delapan di antaranya berhasil dimenangkan.

“Biar jelas, saya sangat pasti tidak pensiun. Saya mendapat kontrak buat 2017 dan 2018, saya berharap bekerja keras mengmbangkan mobil, dan saya yakin akan berada di belakang mobil baru pada satu titik, ucap Button seperti diberitakan Formula1.com, Sabtu (3/9/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com