Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda City ”Hatchback” Akhirnya Meluncur

Kompas.com - 04/09/2016, 07:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Chengdu, KompasOtomotif – Setelah wara-wiri di dunia maya via teaser dan bocoran foto, Honda akhirnya mengenalkan Gienia alias City hatchback di Chengdu Motor Show, China (3/9/2016). Subkompak 5-pintu itu akan mulai dijual di Negeri Tirai Bambu medio Oktober tahun ini.

Gienia adalah versi produksi dari Honda Concept B yang dikenalkan pada Auto China 2014 (Beijing International Automobile Exhibition). Bodinya berdiri di atas platform yang sama dengan Honda Griez yang pada dasarnya sama dengan generasi keempat Honda City.

Secara dimensi, mobil ini cukup kompak. Ukuran panjang x lebar x tinggi terdata 4.517 x 1.705 x 1.477 mm. Sementara jarak sumbu roda 2.600 mm. Tampang sporty, bahkan sepintas mirip Civic hatchback yang sudah meluncur di Indonesia belum lama ini.

Indianautosblog Honda belum menjelaskan detail mesin dan interior.
Anehnya, Honda belum merilis spesifikasi mesin. Namun laporan dari China menyebut bahwa Gienia atau City hatchback akan menggunakan mesin 1.500 cc naturraly aspirated bensin bertenaga 131 tk. Jantung pacu ini lalu dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau CVT.

Begitu juga dengan interior yang masih ditutup. Namun dari foto-foto yang beredar, mobil ini sudah mengadopsi sunroof untuk menaikkan kelasnya sebagai mobil perkotaan yang lebih mewah.

Gienia dibuat dan dijual oleh perusahaan patungan Dongfeng-Honda, dan akan diberi banderol sekitar 90.000 China atau setara Rp 177 jutaan. Mungkin China adalah negara satu-satunya yang akan memasarkan model ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com