Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Poin Plus Kabin Sienta, Senyap

Kompas.com - 02/09/2016, 18:15 WIB
advertorial

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Sebagai mobil kaum urban yang menemani aktivitas harian, Toyota Sienta punya ragam poin plus. Tapi yang terpenting tentu saja kenyamanan kabin, dengan tingkat kesenyapan yang ciamik.

Senyap menjadi salah satu parameter “nyaman” ketika menilai kabin mobil. Kekedapan kabin sudah terasa sejak menutup pintu penumpang, saat pertama duduk di jok baris kedua. Suara yang dihasilkan pada saat pintu beradu dengan bodi, terasa padat, atau tidak berisik yang menandakan kurangnya peredam atau komponen kedap lain.

Sebagai informasi, KompasOtomotif berkesempatan menjajal Toyota Sienta tipe V transmisi manual. Penguji melakukan tes kecil buat merasakan kesenyapan kabin, dengan ragam kondisi jalan serta cuaca.

Percobaan sederhana, dengan mendengarkan musik dari sistem audio yang tersedia, sampai berbincang dengan kerabat.  Perbincangan di dalam kabin mobil tidak terganggu oleh noise dari luar kabin.

Otomania/Setyo Adi New Toyota Sienta

Mulai suara mesin (pada kecepatan di bawah 80 kpj), suara kendaraan lain, serta suara yang dihasilkan dari roda yang beradu dengan aspal masih teredam dengan baik. Kesenyapan juga ketika mendengar musik, di mana seisi kabin masih bisa menikmati, dengan volume hanya di level 12.

Hujan lebat yang turun juga menjadi salah satu metode uji. Suara benturan hujan dengan bodi atas mobil tidak mengganggu ke dalam mobil.

Membahas kesenyapan kabin, teringat apa yang dikatakan Hiroki Sunouchi, Project Manager of Sienta, Toyota Compact Company, Toyota Motor Corporation, yang mengatakan kesenyapan kabin jadi keunggulan Sienta.

Kabin Sienta diklaim memiliki kekedapan yang paling bagus untuk semua kondisi, baik ketika mobil diam hingga kecepatan tinggi. Seperti pada saat posisi mobil idle dan posisi air condition (AC) menyala, suara yang masuk ke dalam kabin hanya 45 desibel.

Lalu pada saat berkendara dengan kecepatan 40 kpj, ada di angka 56 desibel, kemudian kecepatan 60 kpj sebesar 57 desibel. Selanjutnya di posisi kecepatan 80 kpj, 63 desibel, serta 100 kpj hanya 65 desibel. (ADV)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com