Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung dari Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang

"Kencan Kilat" dengan Sport Kupe Lexus RC300h

Kompas.com - 02/09/2016, 09:02 WIB

Shizuoka, KompasOtomotif - Pada rangkaian acara Toyota Technology Media Trip yang berlangsung di Jepang, 28 - 31 Agustus 2016, ada sesi tes beberapa model-model ramah lingkungan seperti Mirai, Prius, dan Crown Majesta Hybrid. Awalnya memang terkesan kurang menarik karena awak redaksi sudah mencobanya saat Tokyo Motor Show 2015 di trek yang sama, lintasan mini di Fuji Speedway, Shizuoka, Jepang.

Kendati demikian ada model yang menarik pandangan mata untuk dicoba yaitu Lexus RC300h. Kupe 2 pintu dengan tampilan sporty yang amat kental tersebut seolah "mengajak berkencan" meski hanya sesaat. Makin menarik lagi, mobil sport hibrida dengan tenaga 220 tk akan diuji di lintasan licin karena kondisi cuaca sedang hujan.

Memang tidak akan mendapatkan hasil maksimal, namun sesuai tema acara, awak redaksi akan mencoba dengan cara berbeda. Kali ini konsentrasi uji coba lebih pada teknologi perangkat keselamatan aktif.

Kontrol stabilitas

Karakter mesin 2.5L serta motor listrik memang menghasilkan tenaga spektakuler. Namun untuk ukuran kupe sport sudah cukup mumpuni. Namun karena kondisi lintasan licin maka tenaga yang dimiliki sudah cukup membuat repot pengemudi untuk bisa melaju cepat di jalur.

Tentu saja peran kontrol stabilitas sangat berarti di lintasan yang berjarak sekitar 800 meter tersebut. Terutama saat manuver di tikungan yang cukup tajam. Saat menikung, beberapa kali bagian belakang mobil hendak menyusul depan (oversteer) karena lintasan licin.

Namun gejala negatif tersebut mampu diminimalisir dengan baik. Daya cengkram didistribusikan dengan baik ke ban yang tepat untuk mendapat grip maksimal. Meski pedal gas masih ditekan namun tenaga tidak tersalur karena dinilai belum tepat untuk berakselerasi.

Hal yang sama coba dilakukan pada tikungan dengan karakter berbeda. Namun tetap kontrol stabilitas bisa mengantisipasi dengan baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com