Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Lawas Terlahir Kembali Lebih Bengal

Kompas.com - 01/09/2016, 20:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Madrid, KompasOtomotif – Bosan dengan mesin boxer BMW buat dimodifikasi, masih ada seri klasik K-Series yang menggendong mesin 4-silinder. Posisi jantung pacu yang berdiri akan memudahkan modifikator berkreasi, seperti yang dilakukan Efraon Triana dari Pan Speed Shop.

Bengkel yang berlokasi di Madrid, Spanyol ini tergolong baru. Tapi, punggawa di dalamnya bukan anak kemarin sore. Triana adalah pendiri bengkel modifikasi Cafe Racer Dreams (CRD), lalu meninggalkannya karena terlalu sering memodifikasi BMW dari konsumen.

”Saya putuskan untuk meninggalkan CRD agar lebih berkembang, lalu menciptakan konsep yang berbeda. BMW modern sangat banyak!” ucap Triana menunjukkan rasa bosannya memodifikasi motor bermesin boxer khas BMW, dikutip BikeExif, (29/8/2016).

Dia lalu menggandeng beberapa rekan dan membuka Pan Speed Shop. Nah, BMW K1200S lansiran 2004 inilah yang menjadi karya perdananya, lepas dari bayang-bayang rutinitas masa lalu.

Motor itu pun diberi nama ”Meka”, yang mengalami perombakan pada seluruh bagian. Buat yang belum familiar dengan K1200S, suspensi depan yang digunakan masih orisinal, namun di-upgrade dengan sokbreker Hagon.

bikeexif Rangka utama dipertahankan untuk menghargai insinyur BMW.
Penghargaan
Rangka utama, pelek, dan peranti rem dipertahankan. Ini dinilai sebagai langkah bijak, mengingat paketan K1200S sudah menjadi paket yang sangat baik dari sisi performa.

"Saya ingin mengambil keuntungan dari sisi teknis bawaan motor, sekaligus menghargai para insinyur di BMW, karena mereka lebih tahu," kata Efraón.

Konsep cafe racer kental,tapi dibalut dengan gaya radikal. Sektor bodywork dibumbuhi dengan sejumlah lekukan yang membuat tampilannya futuristik. Buritan dikustom dengan rongga sirip yang memberikan kesan galak.

Lampu depan dibuat handmade dengan dua lampu Xenon yang bisa dibuka-tutup, atau membuka sendiri saat mesin dinyalakan. Efraón mengurut kembali kabel-kabel untuk disambungkan dnegan Motogadget m-Unit controller. ”Otak” ini ditempatkan tepat di bawah lampu depan.

Mesin dibiarkan terbuka. Di belakang rangka tampak filter udara yang sudah diganti dengan K&N. Senada dengan desain yang digariskan, bagian peredam gas buang juga mendapat sentuhan kustom berbentuk sirip.

Semua bagian diberi treatment seolah menjadi besi mentah, memberikan efek lawas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com