Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Klaim Pertahankan Pangsa Pasar

Kompas.com - 01/09/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Hino Motor Sales Indoensia (HMSI) berhasil meraih penjualan mencapai total 11.913 unit periode Januari-Juli 2016 ini. Kontribusi terbesar datang dari penjualan bulan Maret 2016 yang naik 13,45 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya.

Pada Februari lalu Hino menjual 1.517 unit, sedangkan Maret menanjak sampai 1.721 unit. Dari segmen light duty truck, Dutro masih menjadi penyumbang penjualan paling besar terbesar HMSI periode tujuh bulan pertama tahun ini, dengan capaian 6.476 unit.

Sementara, model 130 HD 6.8 PS menjadi tipe paling laris, dengan kontribusi 42,67 persen terhadap penjualan Dutro keseluruhan, atau berhasil terjual 2.763 unit. Truk ini biasa digunakan untuk bisnis seperti kelapa sawit, pengangkutan pasir dan batu atau bahan bangunan, serta dapat juga dimanfaatkan dalam pengangkutan batu bara di jalan normal.

Dari sisi market share, Dutro juga mencatatkan kenaikan dari tahun sebelumnya Januari-Juli 2015 di angka 17,5 persen menjadi 22 persen pada periode yang sama di 2016. Pada segmen medium duty truck, meski dalam kondisi turun sebesar 12 selama Januari – Juli 2016, Hino mengklaim masih mempertahankan posisinya sebagai market leader selama 16 tahun ini, yang saat ini ada di posisi 60 persen.

Istimewa Hino pertahankan pangsa pasar di tujuh bulan pertama 2016.

Tipe FM 260 JD 6x4 masih menjadi tulang punggung penjualan Hino pada segmen ini. Tercatat FM 260 JD berhasil terjual 969 unit atau menyumbang 20 persen penjualan Hino di segmen medium duty truck.

Santiko Wardoyo selaku Direktur Penjualan dan Promosi HMSI menyampaika rasa syukurnya, karena di tengah kondisi pasar yang belum stabil, Hino masih dapat kepercayaan yang tinggi dari konsumen. Terbukti Hino masih menjadi market leader dan dapat membukukan penjualan yang cukup baik.

“Begitupun hasil yang tak kalah menggembirakan pada truk ringan kami, di mana terdapat anomali untuk Hino Dutro yang terus tumbuh ketika pasar mengalami penurunan. Ini tentunya tidak terlepas dari kerjasama kuat dan saling membantu antara Hino dengan seluruh pelanggan kami,” ujar Santiko dalam siaran resmi yang diterima KompasOtomotif, Rabu (31/8/2016).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com