Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru, Gerus Karat Pakai Laser

Kompas.com - 31/08/2016, 12:09 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Karat adalah musuh besar kendaraan lawas, restorasi bisa jadi malapetaka karena produk reaksi kimia itu bisa melekat di bagian yang tidak terlihat langsung oleh mata. Banyak cara menyingkirkan karat, biasanya butuh waktu dan kerja telaten, namun kini ada acara baru menggunakan laser.

Dilansir dari Autoblog, Selasa (30/8/2016), perusahaan bernama P-Laser membuat alat penghasil laser, QF-1000, yang bisa seketika menggerus karat di bahan baja atau besi. Hasilnya menakjubkan karena pembersihan dilakukan seketika.

Febri Ardani Karat ada di semua tempat.
Kombinasi waktu dan cuaca ditambah komponen air dan udara adalah sumber penghasil karat. Menurut perusahaan, setiap korosi akan menyerap energi dari sinar laser. Membuatnya entah terbakar atau mengelupas. Material tempat karat menempel tidak terpengaruh oleh laser, jadi permukaannya tetap bersih.

QF-1000 sebenarnya digunakan untuk pekerjaan industri, namun aplikasinya bisa sangat berguna buat otomotif. Sayangnya, produk ini dijual sangat mahal. P-Laser menawarkan varian tenaga QF-1000, paling rendah 50 watt seharga 53.000 dollar Amerika Serikat (Rp 704 juta).

Harga segitu bisa jadi bikin geleng kepala pelaku otomotif, tapi bisa jadi pilihan jika digunakan secara professonal untuk bisnis.

Lihat video berikut:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com