Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Model Mitsubishi Diperiksa Pemerintah Jepang

Kompas.com - 30/08/2016, 15:52 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Pemerintah Jepang, melalui Kementerian Transportasi menemukan delapan model Mitsubishi Motors yang tidak menunjukkan kinerja ekonomi bahan bakar yang sesuai, dengan yang tertera pada iklan produk. Laporan ini seperti diinformasikan salah satu sumber terpercaya, Senin (29/8/2016).

Mengutip Nikkei, Selasa (30/8/2016), Kementerian Transportasi Jepang, rencananya secara resmi akan mengumumkan temuannya pada hari ini, Selasa (30/8/2016). Pihak kementerian juga akan menginstruksikan kepada Mitsubishi, untuk menyerahkan angka konsumsi bahan bakar yang benar untuk kendaraan-kendaraan dimaksud.

Mitsubishi Motors pada bulan April 2016 lalu telah mengaku melakukan kecurangan, terkait data ekonomi bahan bakar untuk empat mobil kecilnya. Dari situ, kementerian lantas memutuskan untuk melakukan penyelidikan independen untuk jenis kendaraan lain, seperti sport utility vehicle (SUV) Pajero dan delapan kendaraan lain saat ini di pasar Jepang.

Mengingat temuan terbaru yang didapatkan pihak Kementerian Transportasi, Mitsubishi kemungkinan akan menarik sementara delapan model tersebut dari pasar, untuk merevisi data dalam katalog iklannya. Proses ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua sampai tiga minggu.

Produsen mobil Jepang tersebut, bisa mempertimbangkan untuk memberikan kompensasi kepada pemilik dari delapan model yang dimaksud, jika ternyata ditemukan ada perbedaan terlalu banyak, antara temuan pemerintah dan dengan angka yang tertera pada iklan.

Sampai saat ini, belum disebutkan delapan jenis atau model kendaraan apa saja yang dianggap tidak sesuai tersebut. Selain Mitsubishi kementerian juga telah menguji 26 model dari produsen mobil Suzuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com