Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Balap Gokart pada Clubman Cooper S

Kompas.com - 30/08/2016, 10:02 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif – New MINI Clubman Cooper S hadir di Indonesia sebagai jawaban terhadap demografi konsumen mereka yang kian luas. Menyasar keluarga muda penuh gaya, meski hadir dengan fisik lebih besar, merek di bawah asuhan Grup BMW ini tetap menjanjikan mobil yang fun to drive.

Kesenangan ini dijanjikan hadir dari mesin 2.0L 4 silinder dengan teknologi TwinPower Turbo yang dikombinasikan transmisi steptronic 8 percepatan. Tenaga yang dihasilkan mencapai 192 hp dengan torsi maksimum 280 Nm.

Kesenangan berkendara ikut disumbang hadirnya paddle shift di balik kemudi. KompasOtomotif sulit melepaskan jari dari tuas ini, sejak pertama kali berkendara. Sensasi perpindahan gigi layaknya pebalap F1 sulit dilewatkan saat berkendara.

Opsi lain, perpindahan transmisi bisa dilakukan pada posisi Manual (M), dengan menggerakkan tuas transmisi maju untuk gigi yang lebih tinggi dan mundur untuk gigi yang lebih rendah.

Meski hadir dengan fisik lebih besar dibandingkan dengan saudara hatchback-nya, mengemudikan Clubman dapat dilakukan dengan cukup lincah. Ini karena saat berada di balik kemudi, perasaan mengendarai MINI yang kompak tetap hadir pada tiap putaran kemudinya.

Otomania/Setyo Adi MINI Clubman Cooper S

Sensasi Gokart  

MINI menyediakan tiga pilihan mode berkendara untuk dipilih yakni Green, Mid, dan SPORT. Ketiganya dapat dipilih dengan menggeser tuas yang terletak di pangkal tuas transmisi. Ke kiri untuk mengaktifkan Green Mode, kanan untuk Sport, dan tengah Comfort.

Mode Mid adalah mode standar untuk pengendaraan sehari-hari. Pada mode Green, komputer pada Clubman akan membuat perhitungan output tenaga yang paling efektif agar konsumsi bahan bakar lebih irit. Ujungnya, memang sensasi galak jadi hilang, namun ideal buat menghadapi kemacetan yang kerap terjadi di Ibu Kota.

Mengaktifkan mode Sport punya cerita tersendiri. Sensasi kabin langsung berubah, nuansa LED pada dasbor berubah menjadi merah, membuat keinginan menginjak gas lebih dalam. Layar juga dapat dipilih untuk menampilkan grafik power dan traksi yang atraktif. Dorongan tenaga terasa besar membuat tubuh menempel di jok saat akselerasi.

Akselerasi Clubman juga menjadi terasa lebih cepat dengan perpindahan tiap gigi diperhitungkan paling maksimal mengeluarkan tenaga. Kemudi menjadi lebih kaku untuk menjaga stabilitas pengendalian saat dipacu dalam kecepatan tinggi.

MINI mengungkapkan mode Sport ini dihadirkan untuk membuat pengemudi merasakan kesenangan seperti saat mengendarai gokart. Konsep ini cukup berhasil meski dalam tubuh Clubman yang lebih bongsor.

Catatan tersendiri saat mengendarai Clubman, bagi pengemudi yang gemar memastikan blind spot pada samping kendaraan cukup kesulitan karena pilar B mobil ini cukup besar. Hal lain yang sedikit “mengganggu” tentu jika melihat pemandangan pada kaca tengah dimana split door membuat pandangan ke belakang menjadi terhalang.

Otomania/Setyo Adi MINI Clubman Cooper S

KompasOtomotif menggunakan alat ukur untuk menghitung akselerasi dan top speed Clubman Cooper S ini. Penasaran hasilnya, simak dalam artikel selanjutnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com