Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebakan Wajah Asli KIA Rio Terbaru

Kompas.com - 29/08/2016, 16:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Paris, KompasOtomotif – Seperti biasa, setelah versi sketsa asli mengemuka, para ilustrator ”berperang” untuk memberikan desain wajah yang mendekati versi asli. Tak terkecuali saat KIA melepas teaser sketsa All New Rio yang makin cantik.

Baca: Sosok “Original” Kia Rio Generasi Keempat

Di tangan ilustrator, mobil hatchback pesaing Honda Jazz dan Toyota Yaris itu dipoles sedemikian rupa hingga dianggap paling mendekati versi asli. Sebenarnya dari sketsa saja sudah bisa ditebak, namun berkat bantuan ”tangan ajaib” ilustrator, wajah Rio makin kentara.

Desain terbaru Rio ini tampak makin pendek. Bahkan bisa dibilang, identitasnya sebagai ”warga negara” Korea mulai terpengaruh aura Jerman. Lihat saja lebih detail, mirip Volkwagen Golf bukan? Hanya, KIA masih punya identitas ”Tiger Nose”rancangan Peter Schreyer.

Rio 2017 ini sudah diumumkan minggu lalu bakal melakukan debut pada 29 September 2016 di Paris Motor Show. Desain baru Rio ini dilakukan di KIA Design Center di Jerman dan Amerika Serikat, yang keduanya bahu-membahu dengan pusat desain di Namyang, Korea Selatan.

Tak hanya akan menyenggol pemain Jepang, Rio terbaru ini juga akan adu kece dengan Hyundai i20 yang di Indonesia juga sudah meluncur.

Laporan media di Eropa menyebut bahwa Rio dibangun dari platform baru yang juga akan dipakai untuk cossover sub-compact.

Mesin? Di Eropa akan diberi pilihan 1.000 cc turbocharged 3-silinder, 1.200 cc dan 1.400 cc naturally aspirated. Lalu juga ada pilihan mesin diesel 1.100 cc dan 1.400 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com