Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Datsun Bertualang Puluhan Ribu Kilometer di Indonesia

Kompas.com - 29/08/2016, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Banda Aceh, KompasOtomotif – PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) melalui merek Datsun melepas seri pertama Datsun Risers Expedition (DRE) 2 yang dimulai dari ujung Barat Indonesia, yaitu kota Banda Aceh, sejak 26 Agustsu 2016.

DRE adalah ekspedisi keliling Indonesia untuk membuktikan ketangguhan Datsun GO+ Panca. Tahun lalu, DRE berhasil melewati lebih dari 15.000 kilometer tanpa berganti mobil, menjadikan mobil ini sebagai produk LCGC pertama yang berkeliling Nusantara.

Head of Marketing Datsun Indonesia Christian Gandawinata dalam siaran resmi (28/8/2016), mengatakan bahwa DRE 2 kembali diadakan untuk meningkatkan brand awareness Datsun di Indonesia, khususnya di luar pulau Jawa.

”Kami bersemangat mengunjungi Aceh dan bekerjasama dengan Pemda setempat untuk mendukung kampanye ’Light of Aceh’. Kegiatan ini mempromosikan Aceh sebagai salah satu destinasi wisata halal di dunia. Melalui DRE 2, Datsun hadir di tengah-tengah warga Aceh untuk menyelami secara langsung nilai-nilai budaya serta mengangkat sosok lokal Aceh yang inspiratif,” kata Christian.

DRE 2 melakukan ekspedisi di Aceh dengan menggunakan empat mobil Datsun GO+ Panca yang ditumpangi 12 risers terpilih yang mendaftar di situs resmi DRE. Petualangan diawali dari diler Nissan-Datsun Banda Aceh dengan mengunjungi Museum Aceh, Makam Iskandar Muda, Museum Tsunami, Goa Tujuh, Masjid Beuracan, lalu berlanjut ke Gampong Meunasah Peukan.

Pada hari ke-2, risers diajak bertualang ke Gampong Dayah Tanoh, lalu menikmati kopi khas Aceh. Rangkaian kegiatan akan ditutup dengan pesta rakyat ”Datsun Galak Loen”, sebuah mini festival yang mengangkat seni dan kebudayaan khas Aceh. Mini festival yang digelar di Lapangan Blang Padang ini akan menghadirkan tarian, permainan, kuliner, dan musik tradisional khas Aceh.

Inspirator
Sejalan dengan tema DRE 2 ”Do More Explore More”, Datsun juga mengangkat sosok pahlawan lokal yang menjadi inspirasi bagi orang-orang sekitarnya. Dia adalah Mustafa Kamal, pemenang kompetisi social entrepreneurship Datsun Rising Challenge 2 pada 2015, yang berhasil memanfaatkan potensi alam dengan mengolah garam menjadi aneka pembersih kebutuhan rumah tangga.

Mustafa berhasil memberdayakan petani garam dengan mengembangkan aneka produk yang berasal dari garam di daerah pesisir Seunoddon, Aceh Utara, sehingga taraf kehidupan mereka menjadi lebih baik.

DRE 2 akan hadir di sejumlah pulau di Indonesia mulai Agustus 2016 hingga Maret 2017. Selanjutnya, DRE 2 akan menyambangi Pulau Sulawesi, Jawa, Kalimantan, dan pulau-pulau lainnya di Indonesia. Untuk berpartisipasi di DRE 2, risers bisa mengunjungi situs www.datsun.co.id/dre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com