Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITS-Garansindo Siap Tes 10 Unit Gesits

Kompas.com - 27/08/2016, 10:02 WIB


Jakarta, KompasOtomotif 
- Skuter listrik hasil kolaborasi Grup Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Gesits mulai memasuki tahap lebih serius. Setelah pengenalan prototipe perdana, Mei lalu, kini tahap pengujian sudah di depan mata.

“Rencananya September kami akan mulai pengujian statis (jalan di tempat) berdasarkan UNR136 dan ISO standard. Oktober mulai pengujian di jalan raya, rencananya rute Jakarta-Bali, masih tentatif,” kata Muhammad Nur, Kepala Proyek Gesits kepada KompasOtomotif, Rabu (24/8/2016) malam.

 ITS, kata Nur, saat ini tengah menyelesaikan perakitan 10 unit prototipe Gesits memanfaatkan aliran dana tambahan dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi. Semua model ini akan disiapkan untuk proses pengujian. Pada November, ITS juga bersiap menggelar media dan bussiness gathering di Surabaya untuk mempersiapkan produksi massal Gesits.

“Akan kita undang UKM-UKM (usaha kecil dan menengah) seluruh Indonesia untuk support Gesits,” kata Nur.

Setiap UKM yang potensial rencananya akan dipilih sebagai pemasok komponen. Lewat pemberdayaan ini, diharapkan Gesits akan mampu memenuhi status sebagai skuter listrik nasional, dengan kandungan asli lokal, sampai 100 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com