Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Patenkan Desain Mobil “Amfibi”

Kompas.com - 26/08/2016, 13:31 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Yamaha terpergok mengajukan paten desain untuk model kendaraan masa depannya. Diperkirakan, model mobil tersebut mengarah pada kendaran berjenis amfibi, seperti yang ditunjukkan pada gambar desain paten baru.

Dari sebuah proposal yang diajukan Yamaha ke Kantor Paten Jepang mengungkapkan, kalau perakitan baru ini, memiliki roda yang dapat ditarik masuk ke dalam tubuh kendaraan. Mekanisme tersebut, memungkinkan mobil  bisa berubah fungsi menjadi perahu.

Rincian tentang mesin dan komponen lainnya masih belum diberikan. Lalu belum diketahui apakah juga akan menggunakan mesin pendorong air, sepeti layaknya perahu-perahu pada umumnya, mengutip Autoguide, Jumat (26/8/2016).  

Autoguide.com Yamaha Amfibi.

Sebelumnya, Yamaha juga sempat menggoda dunia dengan konsep kendaran Sports Ride, sebuah mobil sport kecil yang menggunakan satu mesin sepeda motor, sebagai tenaga penggerak. Sama seperti konsep tersebut, masih belum ada kejelasan yang diberikan apakah konsep yang pernah terebut akan diproduksi massal.

Melalui paten ini, Yamaha tampaknya menunjukkan bahwa mereka sedang menjajaki wilayah pasar khusus (niche) yang berbeda dari bisnis mobil biasa. Lebih dari itu, mereka ingin menemukan tempat baru dan mencoba untuk menyesuaikan diri. Kita lihat saja aksi Yamaha selanjutnya.

Autoguide.com Yamaha Amfibi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com