Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Mesin Turbo Chevrolet Trax

Kompas.com - 25/08/2016, 19:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Jika Anda kurang suka dengan tampang boxy khas Amerika dari Chevrolet Trax, cobalah dulu untuk menaikinya, menginjak pedal gas, lalu berakselerasi. Di sinilah Anda akan merasakan sensasi nikmat yang tak dimiliki SUV/ crossover lain di kelasnya.

Trax dibekali mesin Ecotec 1.400 cc turbo yang bisa menyemburkan tenaga sampai 140 tk. Bekal ini membuat karakter tenaga Chevrolet Trax sangat kuat pada putaran bawah. Gas diinjak sedikit lebih dalam, turbo bekerja menghempaskan mobil lebih cepat.

Asumsi ini didukung fakta teknis Trax yang memiliki torsi sebesar 200 Nm dicapai pada putaran mesin 1.850 rpm saja. Selain itu, ada dukungan rasio gigi pertamanya yang cukup besar, berimbas pada ringannya mesin dalam memutar gerak roda.

KompasOtomotif-Setyo Adi Manuver sangat ringan dengan suspensi yang mumpuni.
Karakter tenaga seperti ini, terlihat menjanjikan dalam hal konsumsi bahan bakar. Dengan catatan, Anda bisa bijak dalam mengemudi. Tak perlu diinjak dalam-dalam, Trax akan menggiring Anda menyesuaikan keinginan. Kelemahannya, saat berjalan pada putaran mesin menengah, Trax terasa moderat.

Transmisinya cukup cekatan mendukung tenaga mesin, halus dan tidak mengentak. Tersedia mode manual yang bisa memindahkan gigi-gigi dengan sentuhan tangan pada tongkat perseneling.

Data: Menikmati ”Fitur Super” Chevrolet Trax

Handling
Saat diajak bermanuver dengan kecepatan agak tinggi, handling cukup baik. Bobot setir ringan, membuat gerakannya mudah dicapai lebih cepat.

KompasOtomotif-Stanly Ravel Mesin Ecotec 1.400 turbo.
Hal lain yang cukup menyenangkan, redaman suspensinya. Cukup empuk, meski kadang ada guncangan-guncangan yang tak bisa diredam karena karakter SUV yang cukup kuat. Bodi roll kadang terasa, tapi tergolong minim dan bukan menjadi masalah serius.

Memang, karakter suspensi ini membuatnya jadi kurang nyaman saat dipakai menerjang jalan berlubang. Hati-hati dengan gejala understeer yang terasa jika berada di tikungan dengan kecepatan terlalu tinggi.

Secara keseluruhan, Trax cukup menyenangkan dikendarai. Hal itu lebih karena performa mesin dengan turbo yang memberikan sensasi sangat baik, terutama untuk dipakai stop and go.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com