Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kesan di Balik Desain Bongsor Chevrolet Trax

Kompas.com - 25/08/2016, 18:45 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — PT General Motors Indonesia (GM Indonesia) benar-benar ingin mengadu peruntungan via line up SUV. Menyasar segmen menengah, disiapkanlah Trax, mobil yang masuk kategori SUV medium untuk menantang Honda HR-V 1.5L atau Nissan Juke.

KompasOtomotif berusaha memahami detail demi detail SUV gagah ini, termasuk dari sisi desain. Rupanya produsen asal Amerika Serikat itu ingin menegaskan bahasa desain yang tegas pada Trax, seperti model-model SUV Chevrolet lainnya.

Sekilas, kesan gagah akan terasa karena bodinya yang bongsor, terutama saat ditatap dari belakang. Beda jika kita melihat pilihan yang diemban mobil-mobil Jepang dengan desain futuristik dan cenderung agresif. Trax bertahan dengan lampu depan dan belakang yang besar. Kap mesin pun dibuat tinggi.

Ciri khas gril Chevrolet yang juga besar membuat tampangnya semakin gampang dikenali. Desain itu lantas dipadukan dengan lampu proyektor. Guratan otot yang kaku juga tampak dari fender yang melebar. Namun, justru ini kelebihannya karena pelek ukuran 18 inci membuatnya tampak serasi.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Chevrolet Trax.

Baca: Menikmati ”Fitur Super” Chevrolet Trax

Interior dan kenyamanan
Eksplorasi pun lanjut ke bagian dalam. Kesan lapang didapat dari head room yang lega. Posisi duduk juga bisa diatur tinggi-rendahnya untuk menyesuaikan dengan postur pengendara. Namun, secara keseluruhan, kaki agak menggantung untuk menjangkau pedal-pedal.

Desain interiornya modern, khas Chevrolet, yang terpusat di tengah. Material interior terasa nyaman, terutama pada pembungkus lingkar kemudi. Menariknya, ada sunroof, yang membuat pengemudi ataupun penumpang di mobil ini merasakan kemewahannya. Soket listrik terdapat di konsol tengah untuk penumpang belakang.

Donny Apriliananda/KompasOtomotif Chevrolet Trax.
Jok baris kedua juga masih lega. Namun, kompensasinya, bagasi tidak begitu besar. Posisi bukaan pintu belakang (bagasi) juga tinggi, membuat orang yang bertinggi badan pas-pasan tidak mudah untuk menaikkan barang.

Secara keseluruhan, Trax punya keunggulan pada pernik yang tak dimiliki para pesaing. Lalu, fitur apa yang menjadi unggulan dan membuat Trax sekelas di atas kompetitor? KompasOtomotif siap membahasnya pada artikel selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com