Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda NSX Pulang Kampung

Kompas.com - 25/08/2016, 13:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Model awal NSX (1999 – 2005) dikembangkan dan diproduksi di Jepang, namun pada generasi keduanya Honda memutuskan mobil sport itu lahir di Amerika Serikat (AS) dengan teknologi hibrida. Sekarang, NSX akan dikirim kembali ke kampung halaman ke Jepang, lewat jalur impor.

Honda di Jepang telah memulai pemesanan impor pada 25 Agustus. Pemasaran NSX terbaru sudah dilakukan di AS, setelah Jepang ekspor bakal dilakukan ke China dan pada akhirnya 50 negara di seluruh dunia.

“Era baru datang. Kami akhirnya dewasa dan bisa mendapat tanggung jawab ini,” kata Clement D’Souza, kepala desainer produksi NSX, seperti diberitakan Automotive News, Rabu (24/8/2016).

D’Souza mengatakan lagi target produksi NSX untuk AS sebesar 800 unit sedangkan buat Jepang 100 unit sampai akhir tahun ini. NSX dibuat “hand made” di pabrik Perfomance Manufacturing Center di Marysville, Ohio, AS.

NSX jadi mobil produksi tercanggih Honda saat ini. Sistem geraknya mengandalkan mesin bensin V6 3.5L twin turbo beserta tiga motor listrik. Total kombinasi tenaganya menggapai 573 tk, catatan 0 – 100 kpj dalam 3 detik.  

Generasi kedua NSX dirancang para insinyur Jepang yang mewujudkan sistem hibrida bergenre sport, sedangkan sasis, desain, dan produksi dilakukan oleh desainer di AS. NSX adalah jawaban Honda buat Ferrari 458 dan Porsche 911 Turbo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com