Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Gunakan Serat Karbon untuk Rangka Motor

Kompas.com - 24/08/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Munich, KompasOtomotif – Produsen kendaraan bermotor BMW (Bayerische Motoren Werke AG) berencana untuk memanfaatkan keahliannya dalam oengembangan teknologi. Kali ini terobosan dilakukan dengan pengolahan serat karbon pada industri sepeda motor di masa depan.

Bahan padat namun ringan ini kabarnya akan digunakan pada rangka sepeda motor. Saat ini, perusahaan asal Jerman tersebut merupakan perintis penggunaan karbon dalam kendaraan yang diproduksi secara massal, terutama pada produknya BMW i3.

Atas keberhasilan tersebut, BMW diperkirakan telah mencapai titik, di mana mereka mampu menghasilkan bahan ringan (serat karbon) cukup murah, untuk diaplikaskan dalam sepeda motornya, seperti dilaporkan Carscoops, Selasa (23/8/2016).

Biasanya, frame sepeda motor premium saat ini terbuat dari aluminium kekuatan tinggi untuk mengejar bobot ringan. Namun, dengan bahan baru berteknologi tinggi seperti serat karbon, BMW mengklaim mampu menghasilkan frame yang beratnya bisa lebih ringan, atau berkurang 40 persen, namun juga semakin kuat.

Dalam mengembangkan teknologi ini, BMW sudah mematenkan dua desain frame, untuk diaplikasikan pada sepeda motor yang berbeda. Desain pertama dengan desain eksotis atau disebut beam frame, dan akan digunakan pada superbike seperti S1000RR. Desain kedua, frame teralis, yang dapat digunakan untuk sepeda motor yang lebih terjangkau, dengan bentuk tabung berongga (hollow carbon fiber tubes).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com