Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Rancang Transmisi 11-percepatan

Kompas.com - 22/08/2016, 18:28 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Misalnya saja Anda pikir 9-percepatan pada transmisi sudah banyak, siap-siap terkejut sebab Honda sudah merancang versi lebih banyak lagi. Honda diketahui telah mengajukan paten transmisi baru dengan fitur 11-percepatan berikut tiga kopling.

Diungkap Autoguide, Jumat (19/8/2016), aplikasi paten itu terpublikasi pada 27 Mei lalu. Didaftarkan atas nama Honda Motor Co Ltd dan penemu Izumi Masao ke Japan Patent Office.

Dalam penjelasan dikatakan menggunakan kopling ketiga membuat sistem tidak memerlukan torque removal yang dibutuhkan transmisi kopling ganda. Transmisi ini juga dikatakan membatasi penggantian kecepatan dengan efektif dan respons pada perubahan kecepatan meningkat.

Secara teori, menambah rasio pada transmisi otomatis dapat membantu meningkatkan perpindahan transmisi, menjaga putaran mesin optimal, dan semakin ekonomis tanpa mengorbankan tenaga mesin.

Belum diketahui mobil apa yang akan memakai transmisi baru ini. Sejauh sampai sekarang, Honda sudah punya transmisi 9-percepatan pada mobil sport NSX.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com