Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gaikindo: Jualan Mobil adalah Segalanya

Kompas.com - 22/08/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Pertanyaan yang ditujukan kepada Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terkait dengan prioritas kegiatan pameran yang hanya berorientasi dalam berjualan mobil, ditanggapi serius oleh Johannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Nangoi mencoba memberi pengertian, kalau jualan itu merupakan segala-galanya bagi industri otomotif, terlepas dari pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan alih terknologi. Sebab, menurutnya, tanpa jualan, semua keinginan itu tidak akan terealisasi.

“Namanya jualan itu segalanya, karena kalau tidak ada market, tidak mungkin orang akan investasi. Tidak ada yang membangun pabrik, dan mengatakan kalau ini untuk kegiatan sosial,” tutur Nangoi ketika berbincang dengan KompasOtomotif,  Sabtu (20/8/2016).

Baca: Kenapa Banyak Salesman di GIIAS?

Nangoi melanjutkan, ketika pasarnya bagus dengan raihan penjualan yang baik, secara otomatis investasi akan digelontorkan pengusaha untuk membangun pabrik. Setelah itu, mereka pasti akan meningkatkan kualitas para pekerjanya, atau SDM yang dimiliki.

“Dengan mereka menanamkan modal membuat pabrik, otomatis yang namanya kualitas pekerjanya akan diimprove terus. Mengapa mereka improve? karena mereka ingin tetap kompetitif di pasar, dengan memiliki kualitas SDM baik yang mengasilkan produk bagus,” ucap Nangoi.

Baca:Nilai Penjualan Mobil di GIIAS Capai Rp 5 ,7 T

Jadi, kata Nangoi, semuanya memang harus ke sana (jualan). Tanpa pasar bagaimana mereka mengembangkan sisi-sisi lain. “Pasar dulu intinya, kalau tidak ada itu lupain deh,” kata Nangoi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com