Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Senior, Alonso Jadikan Rossi Inspirasi

Kompas.com - 21/08/2016, 07:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Pebalap Formula 1 (F1) yang kini membela McLaren, Fernando Alonso, menolak dikatakan menua kendati usianya tahun ini sudah 35.

Sebaliknya, Alonso malah mengatakan sedang dalam performa terbaik dan masih berusaha mengejar gelar juara dunia lagi karena terinspirasi dari pebalap MotoGP Valentino Rossi.

Rossi yang saat ini membalap untuk Yamaha Movistar berusia lebih tua dari Alonso, yaitu 37 tahun. Dalam ukuran atlet usia segitu bisa dikatakan senior, tetapi Rossi membuktikan masih punya peluang mengejar juara MotoGP.

Bahkan, Yamaha masih memercayainya dan menyodorkan kontrak sampai dua tahun ke depan.

"Setelah beberapa tahun, Anda tidak bertarung untuk kejuaraan tapi Anda tetap terus, terus, terus, Anda tahu, cepat atau lambat Anda akan menunjukan talenta anda, seperti yang dilakukan Rossi sekarang,” kata Alonso, diberitakan Motor1.com, Sabtu (20/8/2016).

Motorsport Valentino Rossi juara GP Spanyol yang berlangsung di Sirkuit de Barcelona, Catalunya, Spanyol, Minggu (5/6/2016).
Alonso tidak merasa seperti veteran. Dia bahkan dengan sungguh-sungguh mengatakan sebenarnya sedang berada di puncak performa dalam kariernya.

"Saya tidak berpikir masa saya di F1 berakhir. Saya pikir saya mengemudi pada level terbaik saat ini dan saya punya pengetahuan tentang mobil dan situasi teknis yang memungkinkan untuk memaksa mobil sedikit lagi menuju limit," ucap Alonso.

Tahun depan Alonso membalap lagi bersama McLaren. Namun, setelah itu dia belum bisa menjanjikan apa-apa. Bukan karena melihat McLaren bakal kompetitif atau tidak, melainkan bergantung pada regulasi F1 pada 2017.

"Saya pikir pertanyaan terbesarnya apakah saya akan menikmati balapan mobil tahun depan. Jika peraturan tetap seperti sekarang dan saya harus menghemat bahan bakar, menghemat ban, saya harus membalap 90 persen, dan saya tidak bisa berusaha lebih keras di lap, maka tahun depan jadi yang terakhir," kata Alonso.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com