Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fuso Kedatangan Komunitas “Kuda Ngebut”

Kompas.com - 18/08/2016, 19:23 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Komunitas pecinta truk Mitsubishi Fuso, yaitu Canter Mania Indonesia Community (CMIC), meriahkan booth Fuso di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Tidak kalah dengan komunitas mobil penumpang, mereka juga turut membawa serta truk kesayangan.

Komunitas truk ini sudah terbentuk sejak tahun 2013 dan dengan beranggotakan 12.000 orang. Anggotanya bukan hanya dari pemilik truk, tetapi juga pengemudi, mekanik, dan pecinta truk. Tipe truk Colt Diesel ini, lebih dikenal di lapangan dengan sebutan Canter, yang berarti "kuda ngebut".

Istimewa Canter Mania Indonesia Community (CMIC).
Ciri khas yang menarik perhatian dari truk-truk komunitas ini adalah modifikasi, lukisan gambar dan kata-kata menarik, yang dituangkan di badan truk. Ini kerap menjadi perhatian, karena kata-kata tersebut kadang pnya makna yang jenaka.

Zainur, Ketua Komunitas CMIC mengakui, kalau anggotanya memang melakukan berbagai modifikasi, namun mereka tidak melupakan fungsi utama dari sebuah truk, untuk mendukung kelancaran bisnis.

"Semua modifikasi dilakukan sesuai prosedur keselamatan tanpa mengurangi fungsinya. Modifikasi yang dilakukan justru dapat menambah performa,” ujar Zainur dalam siaran resminya, Kamis (18/8/2016).

Tepat di tanggal 17 Agustus 2016 kemarin, populasi Colt Diesel telah mencapai 986.289 unit. KTB yakin, angka satu juta unit akan tercapai dalam waktu dekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com