Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Reposisi Picanto karena LCGC

Kompas.com - 15/08/2016, 16:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif – Sejak meluncur pada 2013 lalu, segmen Low Cost Green Car (LCGC) terus berkembang. Namun pertumbuhannya ternyata menyeret konsumen dari segmen lain. Salah satu pihak yang mengakui kena dampaknya yaitu Kia Picanto.

Direktur Pemasaran Kia Mobil Indonesia Hartanto Sukmono, Senin (14/8/2016), mengungkapkan, sejak awal penjualan Picanto sudah terpantau bakal sulit karena LCGC. Masalah utamanya karena harga jual yang lebih mahal.

Pada 2014, KMI pernah mencoba melawan dengan tambahan varian baru yang lebih murah, Picanto Morning, dengan mesin 1.0L. Meski begitu ternyata tidak terlalu berhasil.

Menurut Hartanto persaingan Picanto tidak seimbang. “Picanto tidak fair, karena beda pajaknya 17 persen. Itu buat mobil besar sekali,” kata Hartanto.

Buat penyelarasan, KMI sudah melakukan reposisi buat Picanto. Nama Morning ditiadakan dan jika sebelumnya mesin 1.0L hanya tersedia dengan transmisi manual, sekarang ditawarkan transmisi otomatis.

Sekarang ada lima varian Picanto, M/T dan A/T dengan mesin 1.0L, berikut M/T Option, A/T Option, dan serta Platinum yang memakai mesin 1.2L.

Daftar harga Picanto:

Picanto M/T Rp 139 juta
Picanto A/T Rp 154 juta
Picanto M/T Option Rp 162 juta
Picanto A/T Option Rp 176 juta
Picanto A/T Platinum Rp 196 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com