Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"MPV Sejuta Umat China" Mulai Diminati Konsumen

Kompas.com - 15/08/2016, 07:02 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

KompasOtomotif – Wuling Motors atau PT SAIC-General Motors Wuling (SGMW) Indonesia hadir pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, sebagai pemain baru. Lewat pameran ini, produsen mobil asal China ini mencoba menjajaki pasar, memperkenalkan calon model yang bakal dijual.

Karena masih sebatas perkenalan dan belum memproduksi model untuk Indonesia, Wuling hanya memajang model yang sudah dipasarkan di China dengan setir kiri. Meskipun, model ini juga yang bakal diproduksi di Cikarang Bekasi, mulai tahun depan.

“Kalau di China ini disebutnya Hong Guang, yang menggendong mesin 1.5L seperti Avanza. Sementara itu, untuk pasar Indonesia penamaannya akan berbeda dan disesuaikan lagi,” ujar Dian Asmahani, Brand Manager SGMW Motor Indonesia kepada KompasOtomotif, Minggu (14/8/2016).

KompasOtomotif Model Hong Guang 1.5L yang dipajang di booth Wuling.

Dian menceritakan, kalau dirinya sempat kaget ketika ada dua pengunjung yang langsung memesan produknya puluhan unit. Padahal Wuling belum melakukan penjualan baru perkenalan, karena produknya baru akan diproduksi 2017 nanti.

“Ada yang sudah tertarik, di hari pertama saja ada yang memesan sampai 50 unit. Kemudian di hari berikutnya ada lagi sekitar 40 unit. Mereka mengatakan untuk operasional kantor. Namun kami masih sebatas mem-follow up saja, karena memang produknya belum ada,” tutur Dian.

Dian melanjutkan, jika di China, produk ini dijual di kisaran harga Rp 91 juta sampai Rp 120 juta. Sementara di Indonesia bisa jadi akan ada di angka Rp 150 jutaan. Wuling juga tengah mempersiapkan jaringan aftersales, yang ditargetkan mencapai 50 outlet di seluruh Indonesia, tepat pada saat peluncuran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com