Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Standar Emisi Euro IV? Tunggu 2020

Kompas.com - 11/08/2016, 12:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif - Permintaan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla tentang standar emisi Euro IV disambut baik Kementerian Perindustrian. Tak hanya soal lingkungan, namun imbasnya juga akan dirasakan para pelaku industri.

Ditemui usai menghadiri pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di ICE, BSD City, Tangerang, (11/8/2016), Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan bahwa soal ini sudah dibahas dengan pihak terkait, terutama Kementerian ESDM.

"Kami juga meminta kepada Pertamina, untuk siapkan (suplai bahan bakar yang mendukung standar emisi tinggi) pada 2019-2020. Sedang dibicarakan fasilitas kilang yang ada di Pertamina," kata Airlangga.

Baca juga:JK Minta Otomotif Indonesia Standar Euro IV

Menperin tak berbicara banyak. Dirinya hanya menyebut kesulitan terbesar saat ini hanya pada katalis untuk menyiapkan kendaraan agar bisa menerima bahan bakar berkualitas. "Dari sisi industri, kami tentu akan siapkan roadmap-nya. Supaya lingkungannya baguslah," kata Airlangga.

Ditambahkan Direktur Jenderal Induustri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin I Gusti Putu Suryawirawan, pada kesempatan yang sama, justru di sisi industri tidak ada masalah serius untuk switch dari Euro II ke Euro IV.

"Tapi kami mesti tanya dan konfirmasi ke teman-teman Pertamina lagi, apakah mereka sanggup mempercepat (persiaan kilng). Pertamina siapnya 2023," kata Putu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com