Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan Al Ghazali buat "Biker" Anak Muda

Kompas.com - 08/08/2016, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Malang, KompasOtomotif – Salah satu hal negatif yang biasa dilakukan anak muda, yaitu tidak terlalu peduli pada peraturan seputar kendaraan yang paling digemari, sepeda motor. Memang kadang peraturan kesannya menjengkelkan, namun yang perlu diingat gunanya buat keselamatan.

Al Ghazali (19), brand ambassador motor anak muda Sonic, mengingatkan taat peraturan bisa dimulai dari hal kecil seperti membiasakan pakai helm saat berkendara.

Astra Honda Motor (AHM) Al Ghazali, brand ambassador Honda Sonic.
Motor rentan kecelakaan karena prinsip dasar menggunakannya mengandalkan keseimbangan di atas dua roda. Apes siapa yang duga, makanya helm harus selalu dikenakan buat melindungi bagian tubuh paling penting, kepala. Lagipula desain helm sekarang sudah keren-keren, jadi bisa menyesuaikan gaya busana anak muda.

“Kadang-kadang kan ada yang enggak pake helm, berboncengan bertiga-berempat enggak pake helm juga, ugal-ugalan di jalan mending mereka bawa surat. Ganggu lalu lintas. Engga keren begitu,” kata Al, di Malang, Jawa Timur, Sabtu (6/8/2016).

Masalahya kelakuan bikers sembrono juga mengganggu pengguna jalan lain. Al mengaku saat menyetir mobil sering mendapat gangguan biker di jalan.

“Butuh kesadaran diri sendiri sih,” kata Al menjawab bagaimana caranya biar anak muda berubah.

Keselamatan di jalan bukan hanya milik sendiri tapi juga seluruh pengguna lalu lintas. Anak muda harus tahu selamat lebih penting dibanding gaya,

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com