Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Debut Teknologi "Fuel Cell" Ethanol Nissan

Kompas.com - 05/08/2016, 18:52 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Rio de Janeiro, KompasOtomotif — Nissan resmi memperkenalkan teknologi fuel cell pertama di dunia yang memanfaatkan etanol di Brasil, Kamis (4/8/2016). Teknologi ini disebut solid oxide fuel cell (SOFC) yang bekerja mengolah reaksi kimia bio-ethanol menjadi hidrogen sebagai penyuplai tenaga listrik.

Sebagai perkenalan, prototipe teknologi itu dipasang pada e-NV200 atau versi listrik MPV Evalia. Mobil ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 24 kWh dan hidrogen fuel cell.

Berbeda dengan cara teknologi fuel cell Toyota Mirai dan Honda Clarity yang butuh tangki penyimpanan hidrogen, teknologi Nissan menghasilkan hidrogen sebagai sumber tenaga fuel cell langsung di dalam mobil lewat SOFC. Jadi, tidak perlu proses isi ulang hidrogen. Sebagai penggantinya, sistem ini butuh bio-ethanol.

Keunggulan terbesar dengan teknologi baru ini adalah tidak butuh banyak pembangunan infrastruktur, seperti pada Toyota dan Honda. Bio-ethanol sudah tersedia di banyak negara, salah satu yang terbesar ada di Brasil.

"Pada masa depan, e-bio fuel cell akan semakin mudah digunakan. Campuran etanol dengan air lebih mudah dan aman digunakan dibanding sebagian besar bahan bakar. Tanpa perlu membuat infrastruktur baru, ini punya kesempatan besar menggiring perkembangan pasar," ujar Carlos Ghosn, dalam siaran resmi Nissan.

Nissan menjelaskan, mobil bisa menempuh jarak maksimal 600 km sambil menghabiskan seluruh energi baterai. Kapasitas tangki penyimpanan etanol 30 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com