Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Ingatkan Lagi Etika Bersepeda Motor

Kompas.com - 05/08/2016, 18:12 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Polisi tak bosan mengingatkan paara pengendara, khususnya para pesepeda motor yang perilakunya di jalan makin memprihatinkan. Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia (Polri) mem-posting pesan pada media sosial soal etika bersepeda motor.

Menurut polisi, etika berkendara mutlak diperlukan dengan tujuan menghormati, menghargai dan menjaga keselamatan diri sendiri serta orang lain.

”Kebanyakan pemakai jalan jarang yang punya motto sedia ’payung sebelum hujan’. Biasanya ’kehujanan dulu baru pakai payung’. Demikian pula dengan pengendara sepeda motor yang belum beretika, kalau belum kejadian belum jera,” begitu bunyi pesan yang tersampaikan.

Mulailah dari diri sendiri, dan berikut tips untuk meminimalisasi kejadian yang tidak menyenangkan saat berkendara seperti celaka atau mencelakakan orang lain:

1. Pastikan kondisi fisik dan jiwa yang sehat, lakukan pemanasan sebelum berangkat.
2. Pastikan sepeda motor siap, mulai dari kondisi mesin, ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sein, rantai, busi, bahan bakar, dan surat-surat (SIM dan STNK).
3. Gunakan helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun pembonceng. Memakai kacamata dengan UV (Ultra Violet) protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas.
4. Menyangkut kemungkinan perubahan cuaca, harus dipersiapkan jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata dan jas hujan.
5. Bagi pembonceng wanita, sebaiknya tidak duduk menyamping melainkan harus menghadap ke depan.
6. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.
7. Perjalanan di kota kecepatan tidak lebih dari 60 kpj, jangan berjalan dengan zig-zag, apalagi jika membonceng balita atau orang tua.
8. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan (lebih dari 2 orang).
9. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.
10. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.
11. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.

”Kita tidak pernah tahu dan tidak pernah mau celaka, tetapi kalau bisa dicegah kenapa tidak? Disiplin berlalu lintas bukan hanya milik petugas kepolisian tetapi milik kita semua agar selamat sampai di tujuan,” bunyi pesan dari polisi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com