Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

”MPV Sejuta Umat” Mitsubishi Siap Jegal Honda BR-V

Kompas.com - 04/08/2016, 16:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Mempelajari penjelasan konsep dan desain ”MPV sejuta umat” Mitsubishi yang disebut sebagai XM Concept, ada benang merah yang makin jelas kentara. Jika diproduksi nanti, produk ini bisa bersenggolan langsung dengan andalan Honda, yakni BR-V.

XM Concept yang akan melakukan debut dunia di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), tak lama lagi, disebut sebagai small crossover MPV. Atau, dengan kata lain, Mitsubishi memandangnya sebagai MPV yang mengadopsi berbagai keuntungan SUV.

Sedangkan konsep Honda BR-V memiliki sudut pandang berbeda, yakni crossover utility vehicle. Atau, bisa disebut bahwa mobil ini adalah sosok SUV/ crossover yang dibalut keunggulan MPV.

Serupa bukan? Cuma beda sudut pandang. Mitsubishi lebih memandang produknya sebagai MPV, sedangkan Honda lebih suka mengategorikan andalannya sebagai SUV/ crossover. Toh, keduanya bakal sama-sama bisa mengangkut tujuh penumpang lebih lega dan punya ground clearance tinggi.

Menarik menanti pendapat PT Honda Prospect Motor (HPM) tentang produk pesaing ini. Saat berusaha dimintai komentar, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM Jonfis Fandy belum bisa dihubungi.

Tinggal satu hal yang harus dipastikan lagi, yakni dari sisi harga. Saat ini, Honda BR-V dijual di rentang Rp 230-260 jutaan. Produk ini seakan bermain di areanya sendiri, meski HPM memasukkannya pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) di deretan low SUV bersama Rush-Terios, dkk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com