Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulit bagi Daihatsu Jadikan Sigra Murni Lokal

Kompas.com - 03/08/2016, 18:05 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Produsen kendaraan roda empat terbesar di Indonesia, Astra Daihatsu Motor (ADM), mengklaim berhasil menyentuh tingkat kandungan lokal buat Daihatsu Sigra dan Toyota Calya hingga 94 persen. Sisa enam persen merupakan komponen yang diimpor dari Jepang dan negara di Asia Tenggara.

Presiden Direktur ADM Sudirman MR menerangkan bagian yang belum lokal adalah beberapa komponen mesin dan transmisi. Dia tidak menjelaskan detail apa komponen itu, namun dikatakan saat ini belum cocok untuk diproduksi lokal.

“Itu kalau kita lokalkan kan mesti di-machining, investasi itu mahal belum menutup kalau dengan volume saat ini. Misalnya, saya sudah studi, ini dilokalkan bagian mesin ini kalau dua juta unit per tahun di Indonesia,” kata Sudirman, Selasa (3/8/2016).

Itu tandanya, masih sangat sulit buat ADM jika ingin menghasilkan produk 100 persen dari Indonesia. Pasalnya, jika ditotal kapasitas dua pabrik ADM di Sunter, Jakarta Utara dan Karawang, Jawa Barat, hanya mencapai 530.000 unit per tahun.

Meski begitu, pencapaian 94 persen pada Sigra dan Calya patut diapresiasi. Sudirman memaparkan telah menambah 30 pemasok lokal tingkat pertama hanya untuk persiapan produksi kedua model MPV 7-penumpang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com