Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekspor LCGC Daihatsu “Booming” di Filipina

Kompas.com - 03/08/2016, 15:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lima bulan setelah produk Low Cost Green Car (LCGC) Ayla/Agya meluncur pada September 2013, Astra Daihatsu Motor (ADM) memulai pengiriman unit ekspornya ke Filipina. Negara sesama Asia Tenggara itu sampai sekarang masih jadi satu-satunya pengimpor, namun permintaannya semakin besar.

Daihatsu Ayla dan Toyota Agya dirakit di pabrik ADM di Karawang, Jawa Barat. Kendati ADM yang merakit, di Filipina mobil ringkas ini punya setir kiri dan diberi nama Toyota Wigo.

Zulkifli BJ Di Filipina Agya atau Ayla diberi nama Wigo
Wigo merupakan ekspor Completely Built Up (CBU) produk LCGC pertama dari Indonesia. Pada 2013, kesepakatan awal pengiriman 500 unit per bulan atau 6.000 per tahun.

Sudirman MR, Presiden Direktur ADM menyampaikan, awalnya Ayla/Agya hanya ditujukan buat masyarakat Indonesia tetapi ternyata Filipina bisa menyerap.

“Akhirnya booming, rencananya 500 per bulan sekarang 1.400 per bulan,” kata Sudirman selepas pengenalan pertama Daihatsu Sigra dan Toyota Calya, Selasa (3/8/2016).

Selain Filipina, Sudirman juga mengatakan ADM juga pernah berusaha menawarkan Ayla/Agya ke Brunei Darussalam, tetapi belum ada perkembangan. Rencananya Sigra dan Calya juga didaulat sebagai produk ekspor, meski begitu AD belum mengungkap negara mana yang potensial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com