Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baru Diluncurkan, Calya-Sigra "Seken" Jadi Omongan

Kompas.com - 03/08/2016, 13:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif
– Belum juga punya harga resmi, namun duet mobil murah terbaru, Toyota Calya dan Daihatsu Sigra sudah diprediksi harga jual kembalinya. Jika penjualannya tinggi, maka harga tangan kedua (seken) juga akan mengikuti.

Para pemain mobil bekas jauh hari sudah mulai tebak-tebakan harga, dan mereka masih lebih optimistis soal harga jual seken duet baru ini ketimbang duet mobil murah sebelumnya, yakni city car Agya-Alya.

”Lihat respons masyarakat juga sebenarnya. Kalau laris, seken-nya nggak akan jatuh banget. Bisa juga fenomenal seperti Avanza-Xenia dulu,” ucap  Teddy Rahmat, pengelola sejumlah gerai mobil bekas di Jakarta Timur dan Jakarta Utara, (3/8/2016).

Fenomenal dalam artian harga bakal setara atau mendekati harga baru. Hal ini pernah terjadi saat Avanza dan Xenia sangat diburu di awal kemunculannya, sementara pasokan kurang memadai.

Pedagang mobil bekas pun panen saat itu, bahkan sempat banyak ”pemborong” yang menyimpan MPV sejuta umat itu, terutama Avanza, untuk dijual dengan harga di atas harga pasar.

Optimisme yang sama juga dikatakan Sujono, pedagang mobil bekas di bilangan Jl I Gusti Ngurah Rai, Jakarta Timur. Dia mengatakan bahwa Calya-Sigra bisa jadi mobil sejuta umat selanjutnya. Harga seken jika sudah ada, bakal tak beda jauh turunnya.

”Kita tunggu, paling 5 bulan ke depan sudah ada sekennya. Kalau orang banyak yang puas, harga bakal tetap tinggi. Ada mainan baru buat dijual-beli,” kata Sujono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com