Kamis, 23 Maret 2017

Otomotif

Penantang Nissan Juke dari Korsel

Autoexpress Sketsa Kia Niro Konsep yang kabarnya jadi SUV baru Kia.

Seoul, KompasOtomotf – Kia berencana meluncurkan mobil small sport utility vehicle (SUV)/small crossover terbarunya tahun depan. Merek asal Korea Selatan ini tak mau ketinggalan menikmati segmen crossover yang lagi "meledak" di pasar dunia.

Mengutip Autoexpress, Minggu (31/7/2016), rencananya, SUV Kia terbaru ini akan menggendong mesin plug-in hybrid. Ada kabar terbaru, kalau model produksi mobil ini juga ternyata tidak seperti Niro (crossover konsep Kia 2013) seperti banyak diberitakan, tetapi berbasis Kia Rio generasi terbaru. Namun informasi ini masih belum di-iya-kan pihak Kia.

John Kim, Head of Kia Eropa Barat  mengatakan, kalau SUV terebut akan diluncurkan setelah Kia Rio 2017 hadir. “Kia akan meluncurkan beberapa produk baru tahun depan, seperti Rio baru, dan produk SUV juga,” tutur Kim.

Baca juga : Kia Tantang Toyota Prius dengan Niro Hibrida

SUV dari Kia ini hadir untuk menantang Nissan Juke, dan berpotensi menggendong teknologi plug-in hybrid dan dikawinkan dengan sistem kelistrikan baru, dengan mesin lebih kecil dari 1.6 L. Dengan konsep SUV yang diusung, Kia SUV hibrida ini bakal memiliki posisi mengemudi yang lebih tinggi dari Rio city car, dan dengan kaki-kaki lebih besar.

Dari sisi tampilan, arah desain Kia SUV baru ini diatur untuk mengikuti konsep Sportage baru yang cukup mencolok. "Kami sudah membangun identitas desain baru, dan mobil masa depan kami akan mengikuti konsep yang sudah dibuat tersebut,” ujar Peter Shreyer bos desain Kia.

Penulis: Ghulam Muhammad Nayazri
Editor : Agung Kurniawan