Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi BMW X1 Perjalanan Merapah Trans Jawa

Kompas.com - 31/07/2016, 17:35 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, Kompas Otomotif – Perjalanan tim Merapah Trans Jawa bersama All New BMW X1 telah berakhir pada Senin (4/7/2016) lalu. Ekspedisi dengan total jarak lebih dari 2.400 km menyusuri ruas jalan di Pulau Jawa ini dimanfaatkan juga untuk tes BMW X1, salah satunya konsumsi bahan bakar selama perjalanan luar kota.

Dua unit BMW X1 yakni All New BMW X1 sDrive 18i dan sDrive 18i xLine dipilih untuk menemani perjalanan ini. Keduanya menggunakan mesin yang sama yakni 1.499 cc tiga silinder berteknologi BMW TwinPower Turbo dengan tenaga 136 hp dan torsi sebesar 220 Nm.

Selain mengandalkan perhitungan on board komputer, KompasOtomotif juga melakukan perhitungan konsumsi dengan cara full to full.

Lebih jelasnya, tangki mobil diisi penuh bahan bakar kemudian mobil digunakan sampai jarak tertentu.Di titik berhenti berikutnya mobil akan diisi bensin sampai penuh. Jumlah jarak antar titik dari pengisian bahan bakar satu dengan yang lain dibagi dengan jumlah bahan bakar yang terisi, maka didapat konsumsi rata-rata BMW X1.

Selama perjalanan, tercatat BMW X1 berhenti untuk mengisi bahan bakar di Pekalongan, Mojokerto, Pasuruan, Salatiga, Cirebon dan Rest Area KM 42. Saat pengisian bahan bakar kedua mobil dilakukan di pom bensin yang sama dan waktu yang sama.

Otomania/Setyo Adi Nota pembelian bensin BMW X1 di Salatiga dan Cirebon

Namun saat di beberapa kota, kedua mobil tidak beriringan untuk melakukan peliputan di tempat berbeda. Maka agar hasil valid, akan diambil sampel dimana kedua mobil melalui jalan yang sama dengan jarak yang sama. Rute tersebut adalah rute Pasuruan – Salatiga dan Salatiga - Cirebon.

Pada perhitungan konsumsi bahan bakar di Salatiga, setelah menempuh perjalanan dari Pasuruan, perhitungan konsumsi bahan bakar rata-rata BMW X1 sDrive adalah 9,9 km/l dan BMW X1 xLine 10,1 km/l.

Pada perhitungan konsumsi bahan bakar di Cirebon, setelah menempuh perjalanan dari Salatiga, perhitungannya BMW X1 sDrive adalah 8,8 km/l dan BMW X1 xLine 9,8 km/l.

Kedua kendaraan mengangkut total enam penumpang dewasa dengan bobot 50 kilogram hingga 80 kilogram. Barang bawaan berupa peralatan video dan fotografi berada di BMW X1 sDrive dan baju tim di BMW X1 XDrive.

Kondisi jalan bervariasi turunan, tanjakan, dengan lalu lintas normal antar kota dan dalam kota. Beberapa kali tim berhenti dengan kondisi mesin menyala untuk pengambilan gambar foto dan video.

Meski masih terdapat beberapa kekurangan pada metode yang dilakukan, perhitungan ini diharapkan dapat memberi gambaran konsumsi bahan bakar selama tim melakukan perjalanan menyusuri ruas jalan mudik di pulau Jawa.

Catatan perhitungan ini tidak berbeda jauh dengan perhitungan komputer on board BMW X1 yang pada akhir perjalan yang mencatat konsumsi bahan bakar rata-rata 10,4 km/l untuk xDrive dan 9,9 km/l untuk sDrive.

Bagaimana menurut Anda, apakah mesin BMW X1 cukup irit untuk kendaraan sekelasnya melakukan perjalanan luar kota?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com