Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Airbag" di Luar Mobil, Begini Cara Kerjanya [Video]

Kompas.com - 30/07/2016, 16:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Pada 2013 lalu, salah satu candaan April Mop yang sempat menipu beberapa media otomotif, adalah hadirnya teknologi kantong udara eksternal buat melindungi seluruh bagian mobil. Sistem lengkap seperti itu memang bohong, tetapi sebenarnya Volvo sudah memiliki teknologi kantong udara eksternal sejak 2012.

Debutnya dilakukan pada model V40, yakni kantong udara buat melindungi pedestrian. Letaknya di depan kaca mobil agar pejalan kaki tidak terbentur bahan keras mobil bila tertabrak.

Sistem bekerja dengan sensor di bemper yang mendeteksi bagian kaki. Setelah benturan, maka kap mobil akan mengangkat sedikit dan kantong udara meletup untuk menutupi bagian wiper, sebagian kaca dan pilar A.

CNN.com All-New Subaru Impreaza 2017.
Terkini, sistem baru itu juga diketahui digunakan pada desain baru sedan Subaru Impreza yang sudah mendebut di New York Auto Show. Cara kerjanya serupa dengan Volvo, namun bedanya bagian kap mesin Impreza tidak mengangkat setelah tumbukan terjadi.

Pada Impreza terbaru, pelindung pedestrian itu menambah deretan fitur keamanan lain yaitu EyeSight yang termasuk Pre-Collision Braking Control, Adaptive Cruise Control, High Beam Assist and Lane Keep Assist functions.

Impreza terbaru dirancang menggunakan basis Subaru Global Platform. Mesin tetap sama, boxer 2.0L, meski begitu Subaru menyatakan telah dikembangkan hingga berubah sampai 80 persen dari model sebelumnya. Tenaga mesin baru lebih besar 4 tk dari model sebelumnya, menjadi 152 tk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com