Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Paris, Perancis

New Koleos SUV Cerdas dengan Fitur Sempurna

Kompas.com - 29/07/2016, 15:29 WIB

Paris, KompasOtomotif - Banyak pilihan model Sport Utility Vehicle (SUV) yang ditawarkan produsen otomotif di Indonesia. Salah satu yang bakal hadir sebentar lagi adalah New Koleos, yang ditawarkan oleh Renault Indonesia.

KompasOtomotif berkesempatan langsung menjajal New Koleos di negara asalnya, Perancis. Meski sudah sejak April lalu diluncurkan, belum semua negara mendapat jatah New Koleos ini. Indonesia sendiri rencananya akan mengaspal Oktober mendatang, didatangkan dari pabrik Renault yang berada di Busan, Korea Selatan.

Sebelum resmi meluncur, ada baiknya kita mengupas sedikit fitur apa saja yang tertanam di New Koleos ini. Segmentasinya, Renault menempatkan SUV terbarunya itu bersaing dengan Mazda CX-5, Nissan X-Trail, Honda CR-V, Hyundai Santa Fe dan Kia Sorento serta Toyota RAV4.

Tentunya, melihat banyak pesaing New Koleos harus punya sesuatu yang menjadi poin plus agar bisa menonjol di antara pemain lain. Lalu apa saja kelebihan SUV asal Perancis ini?

Azwar Ferdian/Kompas.com Sistem penggerak New Renault Koleos
Sistem penggerak dan transmisi

New Koleos akan tersedia dengan mesin bensin 2,5 liter berdaya 170 tk pada 6.000 RPM dan torsi puncak 233 Nm pada 4.000 RPM. Memiliki sistem penggerak 4x2 yang bisa berubah menjadi 4x4, disesuaikan dengan kebutuhan dan kontur jalan. Mengubah sistem penggerak menjadi 4x4 juga tidak rumit, cukup menekan tombol auto buat mendapatkan 4x4.

Sistem ECU akan membaca keadaan kontur jalan, dan akan mengubahnya secara otomatis. Bila ingin mempertahankan 4x4, tekan lagi tombol Lock 4x4.

New Koleos menggunakan transmisi X-Tronic. Kelebihannya, multi-rasio transmisi akan bekerja otomatis setiap kali pengemudi perlu akselerasi. Namun, transmisi model CVT (continuously variable) ini memastikan pergeseran gigi mulus di semua putaran mesin, dan diklaim memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Azwar Ferdian/Kompas.com Fitur New Renault Koleos
Fitur
Seperti SUV modern lainnya, generasi terbaru Koleos ini juga sudah dilengkapi dengan Electronic Stability Control (ESC), kontrol traksi, braking assist, electronic brake force distribution dan hill start assist sebagai fitur standar yang membantu pengemudi.

Tentu saja yang istimewa adalah Active Emergency Braking System (AEBS), yang bisa membantu sistem pengereman dalam situasi darurat. Lalu ada juga Lane Departure Warning (LDW), Blind Spot Warning (BSW) dan Tiredness Detection (UTA),

Selain itu buat menambah visibilitas pengemudi ada kamera belakang buat parkir, Automatic High/Low Beam head lights (AHL), sensor parkir di bagian depan, samping dan belakang dan hands-free parking assist system (Easy Park Assist), agar mudah ketika parkir.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Fitur New Renault Koleos

Keamanan
Untuk keamanan saat berkendara, ada dua airbag adaptive di depan, disesuaikan dengan ragam tipe tabrakan dan posisi penumpang di dalam mobil. Dua airbag untuk melindungi dada dan bahu penumpang depa, dua airbag buat penumpang di baris kedua.

Masin ada anti-whiplash pada sandaran kepala di kursi depan, dirancang agar kepala tidak terayun saat situasi darurat. Airbag juga ada pada bagian bawah kursi depan. Kursi belakang dengan Isofix buat tambahan kursi anak, dan sabuk pengaman dengan teknologi pretensioners dan load limiters.

Semua disempurnakan dengan penggunaan baja elastis berkekuatan tinggi untuk rangka mesin dan rangka bodi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com