Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan Toyota Menurun, Volkswagen Jadi "Raja"

Kompas.com - 29/07/2016, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corp melaporkan penurunan penjualan mobil pada semester pertama 2016, yang diumumkan pada Kamis (28/7/2016). Salah satu penyebabnya yaitu serangkaian penghentian produksi, saat gempa melanda Perfektur Kumamoto, Pulau Kyushu, Jepang pertengahan April lalu.

Keruntuhan Toyota di semeter ini, membuat merek asal Jerman, Volkswagen, menduduki takhta, sebagai produsen mobil terlaris di dunia. Prestasi ini didapatkan di tengah skandal emisi VW yang belum juga selesai.

Toyota, yang juga memproduksi merek Lexus dan Daihatsu melaporkan, penjualan global turun 0,6 persen pada perode Januari-Juni 2016, atau hanya terjual 4.992.000 kendaraan di seluruh dunia, turun dari 5.021.000 unit pada periode yang sama tahun lalu.

Sementara Volkswagen mengatakan, penjualannya mencapai 5.116.000 unit kendaraan pada periode yang sama, atau telah trjadi kenaikan 1,5 persen, seperti yang diberitakan Reuters, Kamis (28/7/2016).

Toyota sediri selalu menjadi merek terlaris selama empat tahun berturut-turut hingga 2015, namun kali ini harus pasrah menyerahkan gelar. Penderitaan ini lantaran gempa bumi yang membuat pembangkit listik di salah satu pabrik utamanya mati, dan butuh waktu berminggu-minggu  untuk bisa sampai beroperasi maksimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com