Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Subaru Menyelamatkan Pejalan Kaki

Kompas.com - 28/07/2016, 07:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Model Subaru Impreza yang akan dirilis musim gugur ini, akan dilengkapi dengan kantung udara, yang dirancang melindungi pejalan kaki ketika tertabrak. Ini seperti yang disampaikan sang produsen Fuji Heavy Industries (FHI), dikutip dari Nikkei, Rabu (27/7/2016).

Kantung udara akan bekerja ketika tabrakan terdeteksi oleh mobil. Mekanisme sederhananya, airbag muncul keluar dari bagian pangkal kap mobil (di posisi wiper mobil) untuk memperkecil efek kecelakaan pada pejalan kaki. Sebelum Subaru, ada mobil asal Swedia, Volvo, sebagai yang pertama mengkomersialkan teknologi ini.

Sementara, Subaru sendiri merupakan merek pertama yang asal Jepang yang memanfaatkan sistem tersebut. Bukan hanya untuk satu model, FHI berencana untuk menginstal perangkat keselamatan untuk pejalan kaki ini, pada model baru lainnya.

Ghulam/KompasOtomotif Model terbaru Subaru, akan memiliki komponen keselamatan bagi pejalan kaki yang tertabrak Subaru.
"Kami memberikan semuanya untuk mencapai status sebagai produk kelas dunia, dengan kelengkapan sistem keamanan terkemuka,” tutur Kazuhiro Abe, Project General Manager untuk Impreza.

Beberapa teknologi lain yang disematkan pada Impreza terbaru, antara lain sistem bantuan penglihatan pengemudi (EyeSight driver assistance system), automatic pre-collision braking dan adaptive cruise control,  yang bisa mengatur jarak secara antara kendaraaan yang di depan.

Impreza merupakan salah satu model Subaru yang paling populer, dengan kontribusi 30 persen terhadap penjualan domestik Subaru. Model yang akan hadir adalah yang kelima dari deretan seri Impreza, dan preorder udah bisa dilakukan mulai September setelah harga dan spesifikasi diumumkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com