Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Invasi Tata Motors ke Sulawesi

Kompas.com - 27/07/2016, 10:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Makassar, KompasOtomotif – Sukses merayakan penjualan 3.000 unit dalam kurun waktu kurang dari tiga tahun, dicapai pada Juni 2016 lalu, Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) terus tancap gas perluas jaringan. Terbaru, merek asal India ini merambah Celebes lewat diler 3S di Makassar, Sulawesi Selatan.

PT Celebes Prima Sejahtera (CBS) adalah diler 3S TMDI yang ke-20 yang secara formal telah beroperasi. Selain itu, TMDI telah memiliki 69 fasilitas 2S (servis dan spare parts), 6 fasilitas 1S (Sales) dan 20 spare parts ritel outlet di Pulau Jawa, Bali, Sumatera, serta Sulawesi.

”Kami memilih CPS karena pengalamannya memasarkan kendaraan di Makassar dengan kredibilitas yang teruji.  Kami yakin CPS dapat memajukan merek dan pemasaran kendaraan Tata Motors di Sulawesi,” kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI, dalam siaran resmi (26/7/2016).

TMDI melihat Sulawesi, khususnya Sulawesi Selatan merupakan pasar yang prospektif. Laju pertumbuhan ekonominya cukup tinggi. Di antara kendaraan niaga yang cocok dengan pasar di sana adalah Tata Xenon XT D-Cab 2.2L 4x4 yang biasa digunakan untuk sektor pertambangan.

Selain itu, untuk sektor perkebunan, perikanan dan hasil bumi, Tata Motors memiliki Tata Ultra. Ultra adalah truk ringan yang akan diluncukan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, Agustus mendatang.

Sementara di segmen small pick up Tata mengandalkan diesel mini berjuluk si Gajah Kecil, Tata Ace EX2 700 cc diesel yang cocok menjadi angkutan perikanan. Tata juga punya Xenon RX single Cabin.

Sedangkan Super Ace 1400 cc diesel yang telah menjadi tulang punggung TMDI selama tiga tahun keberadaannya di Indonesia akan menyasar segmen UKM dan angkutan hasil bumi serta transportasi angkutan bahan material properti.

”Pada kuartal kedua tahun fiskal 2016-2017 (Juli-September) TMDI memfokuskan konsentrasinya kepada penjualan kabin ganda berpenggerak 4x4. Momen diresmikannya CPS sejalan dengan fokus itu,” kata Biswadev.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com