Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sisa 20 Persen Sienta yang Masih "Asing"

Kompas.com - 25/07/2016, 18:11 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Sienta adalah model pertama produksi Toyota di Indonesia yang kandungan lokalnya 80 persen sejak pertama kali diproduksi. Saat ini model dengan kandungan lokal tertinggi adalah Kijang Innova 85 persen, namun ketika produksi generasi pertamanya dimulai pada 1977 cuma 19 persen.

Sienta dibuat di Plant II milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Karawang, Jawa Barat. Rencana produksi awal sampai setidaknya tahun ini, 3.500 unit untuk domestik dan 500 unit buat ekspor ke negara di Asia Tenggara.

Febri Ardani/KompasOtomotif Kandungan lokal Sienta, Kijang Innova, dan Fortuner.
Klaim produksi lokal 80 persen termasuk komponen yang baru dilokalisasi yaitu mesin bensin 4-silinder 1.5L 2NR-FE buatan fasilitas baru TMMIN, Plant III, dan pintu geser hasil PT Aisin Indonesia.

Yui Hastoro, Direktur Teknik TMMIN, menjelaskan, dalam sesi tanya-jawab dengan wartawan, Senin (25/7/2016), sisa 20 persen yang belum dilokalkan adalah transmisi manual dan CVT serta front drive axle. Selain itu masih ada lagi, yakni altenator dan beberapa komponen elektronik berteknologi tinggi.

“Ini berbeda dengan transaxle Innova (dan Fortuner) yang sudah lokal,” kata Yui.

Model produksi TMMIN yang lain, Etios Valco, Vios, dan Yaris, menggunakan 60 persen komponen lokal. Sedangkan Fortuner yang diproduksi satu jalur dengan Innova sebesar 75 persen.

Model Toyota dengan kandungan lokal lebih tinggi dari Innova adalah Avanza, namun produksinya dilakukan oleh Astra Daihatsu Motor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com