Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Paris, Perancis

Eksplorasi Kesempurnaan Kabin New Koleos

Kompas.com - 25/07/2016, 13:21 WIB

Paris, KompasOtomotif - Sebelumnya sudah dibahas desain eksterior dari New Renault Koleos. Kali ini saatnya masuk dan mengamati apa saja yang tertanam di interior SUV terbaru asal Perancis tersebut.

Model yang diuji KompasOtomotif memang masih menggunakan konfigurasi setir kiri. Tapi, setidaknya perbedaan hanya ada pada letak kemudi. Hanya sedikit perlu adapasi melihat konfigurasi kemudi di kiri ini, karena di Indonesia menggunakan kemudi di sisi kanan.

Kesan pertama masuk ke dalam kabin adalah luas dan mewah, serta bersahabat dengan penumpang. Semua dirancang dengan desain yang memperhatikan sampai ke detail terkecil.

"New Koleos dirancang dengan pola pikir untuk memenuhi kebutuhan pembeli SUV di seluruh dunia. Hasilnya cocok dengan line-up tertinggi dari Renault. Berbagai pilihan bahan dan desain posisi interior New Koleos akan menjadi referensi di kelasnya sebagai mobil yang nyaman," jelas Ali Kassai, Kepala Perencanaan Produk Renault, pekan lalu di Paris.

Kursi depan New Koleos terinspirasi dari sedan mewah Renault Talisman. Kursi depan semi bucket lapis kulit dengan tiga pilihan warna Titan Black, Platine Grey atau Siena Brown. Menawarkan enam posisi duduk yang bisa diatur secara elektrik.

Azwar Ferdian/KompasOtomotif Kabin depan New Renault Koleos
Sementara kursi bagian belakang terdiri dari tiga jok, tapi bisa memberikan ruang ekstra untuk penumpang belakang dengan desain interior yang lebih lapang (ruang kaki 289 mm). Desain juga memperhatikan ruang kepala yang luas, ruang bahu dan siku.

Bagasi yang mampu memuat sampai 600 liter. Lantai bisa diposisikan dengan ketinggian yang sama agar datar. Bila kursi baris tengah dilipat, kapasitas bagasi bisa mencapai 1.690 liter. Selain itu masih tersedia banyak ruang penyimpanan lain.

Sangat mudah buat membuka bagasi, cukup tempatkan kaki persis di bagian bawah (tengah) bemper belakang, bagasi akan langsung terbuka. Buat menutupnya, bisa lakukan cara serupa atau pencet tombol di bawah pintu.

Bahan satin anti-gores pada lingkar kemudi, tuas transmisi dan ventilasi AC. Konsol tengah ditutup lapisan pelindung tapi nyaman disentuh. Bahan bantal dipilih untuk dasbor dan panel pintu juga berkontribusi terhadap suasana tenang di dalam kabin.

Kenyamanan perjalanan bisa disesuaikan dengan sistem pencahayaan dalam kabin dengan lampu LED. Warna yang tersedia mulai dari hijau, biru, kuning merah atau ungu, tergantung pada suasana hati pengemudi dan penumpang. Disempurnakan dengan sunroof berukuran 0,80 m2, yang membentang di atas kursi depan dan belakang.

Tata suara Bose

New Koleos datang sebagai standar dengan sistem audio yang menampilkan layar 4,2 inci berformat landscape, konektivitas Bluetooth untuk penggunaan ponsel dan streaming musik yang tersimpan pada ponsel pintar. Dilengkapi dengan port USB dan soket 3.5mm jack.

New Koleos juga dilengkapi dengan sistem multimedia R-LINK 2. Berupa tablet yang terhubung dengan fitur kendaraan. Selain itu juga mengkoordinasikan fungsi infotainment, navigasi, telepon, radio dan assist buat pengemudi. Fitur ini tersedia pada format layar potrait 8,7 inci.

Semua disempurnakan dengan sistem tata suara Bose. Bose dengan teknologi surround-sound yang menghasilkan kualitas suara jernih. Suara diklaim bakal seimbang di mana pun posisi duduk saat di dalam mobil.

Sistem ini menggabungkan prosesor sinyal digital yang terletak di bawah kursi penumpang depan dan tujuh saluran individual equalizer. Tata suara ini berkat 13 loudspeaker performa tinggi.

Satu speaker mid-high-range 8 cm di dasbor, dua tweeter neodymium 2,5 cm di panel instrumen, Dua speaker lebar 16,5 cm di pintu depan, dua tweeter neodymium 2,5 cm do pintu belakang, Dua speaker lebar 16,5 cm di pintu belakang, dua speaker 7 cm mid-high-range di dek belakang, dua woofer 11,5-cm yang dikustom di bawah bagasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com